Wednesday, 18 October 2017

Jadi Tersangka Korupsi, Ini Kekayaan Rita Widyasari

Jadi Tersangka Korupsi, Ini Kekayaan Rita Widyasari

Foto: Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari. (ist)

Kutai Kartanegara, Swamedium.com — Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari yang dijadikan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ternyata memiliki kekayaan yang cukup menggiurkan. Hasil Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada 2016 silam diketahui kekayaan Rita mencapai Rp200 miliar.

Laporan harta Rita hanya laporan yang dilakukan yang bersangkutan sebelum dirinya maju sebagai calon bupati periode kedua pada Pilkada Serentak 2015. Artinya, kekayaan Rp200 miliar dia dapat selama empat tahun menjabat bupati Kukar.

LHKPN biasanya dijadikan oleh KPK sebagai salah satu data untuk mengusut kasus dugaan korupsi seorang penyelenggara negara dan juga kemungkinan adanya Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Hasil klarifikasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjelang Pilkada serentak pada Desember 2015 silam, diketahui harta kekayaan Rita naik signifikan menjadi Rp236.750.447.979 dan 138.412 Dollar AS.

Berdasarkan Pasal 5 Undang-Undang (UU) Nomor 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggara Negara (PN) yang Bersih dan Bebas dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme, setiap pejabat negara berkewajiban untuk melaporkan dan mengumumkan kekayaannya sebelum dan setelah menjabat.

Rita sempat disebut-sebut ikut ‘bermain’ dalam beberapa proyek yang memakan anggaran APBD Kutai.

Salah satu proyek yang kerap disebut terindikasi korupsi adalah proyek pembangunan infrastruktur jalan di Kawasan Central Bisnis Distrik Tenggarong dengan nilai sebesar Rp390.256.000.000.

Rita sendiri pada Senin 25 September 2017 malam dijadikan tersangka oleh KPK. Belum diketahui pasti kasus yang menjerat Rita. Yang pasti rumah dinas dan kantornya kini digeledah KPK. (*/ls)

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)