Thursday, 24 January 2019

Pemerintah Pro Investor, ALIT JATI Gelar Aksi Hari Tani Nasional

Pemerintah Pro Investor, ALIT JATI Gelar Aksi Hari Tani Nasional

Foto: Aliansi Tani Jatim saat aksi Hari Tani Nasional di Surabaya tahun 2014. (ist)

Surabaya, Swamedium.com — Aliansi Tani Jatim (ALIT JATI) menggelar aksi di depan DPRD Jatim, Selasa (26/9) dalam peringatan Hari Tani Nasional 2017. Dalam aksi tersebut mereka menyoroti permasalahan agraria yang menurut mereka pemerintah lebih condong membela investor.

”Berdasarkan data Ombudsman RI mencatat adanya dugaan maladministrasi pertanahan yang mendasari dan turut menambah jumlah konflik agraria di Indonesia,” ungkap Mohammad Amin salah satu peserta aksi.

Mahasiswa Unair Surabaya ini mengatakan, khusus di Jatim, ALIT JATI menilai pernyataan bahwa Jatim adalah lumbung pangan nasional nampaknya perlu ditinjau kembali.

”Dari daftar provinsi penyumbang konlik agraria Jatim menempati peringkat kedua,” jelas pria asal Sidoarjo ini.

Senada Mohammad Amin, peserta aksi lainnya, Subhan mengatakan, selain konflik agraria, persoalan lain yang saat ini terjadi adalah alih fungsi lahan pertanian yang menjadi perumahan dan fungsi non pertanian lainnya.

”Berbagai perumahan baru yang muncul diatas lahan produktif menunjukkan pemerintah lebih pro pada investor perumahan daripada kepada petani,” tutupnya. (Ari)

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)