Monday, 18 December 2017

Disdik Jabar Didemo, LSM: Pecat Kepsek yang Lakukan Pungli

Disdik Jabar Didemo, LSM: Pecat Kepsek yang Lakukan Pungli

Foto: Kantor Disdik Jabar Jl Dr Rajiman, Kota Bandung, di demo ratusan massa LSM, Rabu (11/10). (Ariesmen/swamedium)

Bandung, Swamedium.com – Massa asal LSM WGAB (Wadah Generasi Anak Bangsa) dan LSM Korek (Komite Reformasi dan Keadilan) demo di depan kantor Dinas Pendidikan Jabar, Rabu (11/10). Mereka menuntut agar Disdik Jabar menindak Kepala Sekolah yang melakukan pungutan liar terhadap peserta didik.

Menurut Ketua LSM WGAB, S.Rinto Sitohang, walaupun sudah ada aturan dan larangan dari Kemendikbud dan Pemprov Jabar/ Disdik tentang PPDB 2017, tapi nyatanya, masih banyak pihak sekolah melakukan pungutan liar, berupa dana DSP, Seragam Sekolah dan lainnya. Hal ini tentunya memberatkan para orang tua, terutama dari keluarga kurang mampu.

Temuan hasil investigasi baik yang dilakukan oleh LSM WGAB maupun LSM Korek, telah kita sampaikan ke Disdik Kab/kota termasuk juga ke Disdik Jabar. Bahkan kita beberapa kali mendatangi Disdik Jabar untuk ketemu dengan Kadisdik Jabar, selalu berada diluar kantor.

Untuk itu, pada hari ini, kami minta jawaban terbuka dari Disdik Jabar atas pungutan liar yang dilakukan oleh pihak sekolah SD, SLTP dan SLTA, ujarnya Rinto Sitohang dihadapan Kabagumum Disdik Jabar Mulyana, Kasie Sapras PMK, Matioji dan Kasie Pengawasan Disdik Jabar Asep.

Menanggapi tuntutan LSM WGAB dan LSM Korek, Kabagumum disdik Jabar Mulyana mengatakan, lulusan SLTP di jabar setiap tahun ada sekitar 17.000 orang, tentunya tidak mungkin dapat diterima semua di SMA/SMK Negeri. Untuk itu, solusinya Pemprov Jabar setiap tahun menambah Ruang Kelas Baru (RKB) dan membangun Unit sekolah Baru (USB).

Adapun, terkait calon siswa kurang mampu yang menggunakan SKTM sesuai aturan pihak sekolah hanya dibatasi maksimal 20% dari jumlah daya tampung sekolah. Sedangkan terkait, DSP itu bukan dana sumbangan pembangunan tapi dana sumbangan pendidikan.

Pages: 1 2

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)