Wednesday, 18 October 2017

Kemenag Punya BPJPH untuk Sertifikasi Halal, Ini Tugas MUI

Kemenag Punya BPJPH untuk Sertifikasi Halal, Ini Tugas MUI

Foto: ilustrasi. (ist)

Jakarta, Swamedium.com – Kementerian Agama telah meresmikan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), artinya persoalan sertifikasi halal bukan hanya menjadi tugas MUI. Secara garis besar BPJPH bertugas mengurus proses administrasi produk halal sedangkan MUI bertugas sebagai auditor yang menetukan apakah suatu produk memenuhi standar halal.

“MUI oleh UU nomor 33/2014 tentang jaminan produk halal. Pertama penetapan kehalalan produk. Sebagaimana skrg kita rapat rutin komisi fatwa, mekanisme kehalalan produk tetap di komisi fatwa, tidak berubah baik setelah maupun sebelum adanya Undnag undang,” jelas Sekretaris Komisi Fatwa MUI, Asrorun Nian, di gedung MUI, Jakarta, Kamis (12/10).

Kedua akreditasi lembaga pemeriksa halal, jika sebelumnya menganut mazhab tunggal, atau dengan kata lain hanya dijalankan oleh LPPOM MUI, kini pemeriksaan juga bisa dilakukan oleh LPH.

“Kenapa karena prosesi LPH dengan auditor bekerja sebagai saksi yang melakukan pemeriksaan, ingredient, komposisi, dan juga proses produksi bahan yang akan di bawa ke MUI, guna memperoleh penetapan kehalalan,” terang Asrorun.

Terakhir sertifikasi auditor, para auditor sebagai pelaksana pemeriksaan harus memenuhi standar rekrutmen dan juga tersertifikasi oleh MUI dengan standar yang telah ditetapkan. (Ima)

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)