Wednesday, 18 October 2017

MUI Targetkan Semua Produk Halal di 2019

MUI Targetkan Semua Produk Halal di 2019

Foto: Jumpa pers Majelis Ulama Indonesia. (Iqlima/swamedium)

Jakarta, Swamedium.com – Dengan diresmikannya Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) oleh Kementerian Agama pada Rabu (11/10), MUI merasa optimis bahwasanya semua produk bisa mendapatkan sertifikasi halal di tahun 2019.

“Kita berharap, undang-undang nomor 33/2014 tentang produk halal dimaksud untuk memberikan jaminan ke konsumen memperoleh produk secara halal. UU mewajibkan produk yang diproduksi atau di edarkan di NKRI harus terjamin kehalalanya,” kata Sekretaris Komisi Fatwa MUI, Asrorun Niam ,di Jakarta, Kamis (12/10).

Asrorun menilai adanya UU produk halal dan peran BPJPH membuat sertifikasi halal menjadi tugas bersama.

“Ada pergerakan dari volunteri sebelum undang-undang menjadi mandatori setelah undang-undang, ini hal baru disitulah tugas besar lembaga yang memiliki tanggung jawab dalam penjaminan produk halal, dan tanggung jawab bersama komunitas masyarakat untuk membangun masyarakat yang sadar halal,” kata Asrorun.

Dengan diresmikannya BPJPH, tugas MUI dalam sertifikasi halal menjadi lebih singkat. MUI hanya bertugas sebagai auditor yang menetukan apakah suatu produk memenuhi standar halal, sedangkan proses administrasi menjadi tanggung jawab BPJPH. (Ima)

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)