Tuesday, 21 November 2017

Penjelasan Puspen TNI Soal Penolakan AS terhadap Panglima TNI

Penjelasan Puspen TNI Soal Penolakan AS terhadap Panglima TNI

Foto: Kapuspen TNI Mayjen Wuryanto. (ist)

Jakarta, Swamedium.com — Kapuspen TNI Mayjen Wuryanto di Kantor Panglima TNI, Jalan Merdeka Barat, Jakarta, Ahad (22/10) menyampaikan penjelasan terkait penolakan kedatangan Panglima TNI ke Amerika Serikat (AS).

Kapuspen TNI mengatakan bahwa kedatangan Jenderal Gatot atas undangan dari panglima angkatan bersenjata AS.

“Jadi begini Jenderal Gatot Nurmantyo itu diundang atas nama Panglima TNI. Jadi beliau adalah utusan dari pemerintah Republik Indonesia, jadi pemberangkatan kesana tentunya atas perintah Presiden. Kalau langsung berangkat, tahu tahu disana tidak boleh bahkan ditangkap itu, bagaimana,” kata Wuryanto.

Dia menyampaikan bahwa kedatangan Jenderal Gatot adalah untuk menghadiri undangan dari Panglima Angkatan Bersenjata (Pangab) AS untuk mengisi acara simposium.

“Panglima TNI Jenderal Gatot sedianya akan menjadi acara simposium. Akan dilaksanakan tgl 23-24 Oktober. Undangan itu dikirim oleh pangab AS yang merupakan sahabat sekaligus senior,” kata Wuryanto.

Dia pun menjelaskan kronologinya. Hari Sabtu tanggal 21 Oktober, Panglima TNI beserta istri siap berangkat ke AS menggunakan maskapai penerbangan Emirates pukul 17.50 WIB.

Setibanya di Bandara dan melakukan proses check ini, sebelum pemberangkatan ada pemberitahuan dari maskapai penerbangan bahwa Panglima TNI beserta istri tidak boleh memasuki wilayah AS oleh US Captain and Bordier Protection.

“Atas peristiwa ini Panglima TNI telah melapor ke Presiden RI Joko Widodo melalui ajudan, juga melapor ke Menlu dan Menkopolhukam serta berkirim surat kepada panglima angkatan bersenjata AS,” papar Wuryanto.

Hingga kini, Panglima TNI masih menunggu penjelasan atas insiden ini, mengingat kepergian ke AS atas undangan Pangab AS dan atas dukungan baik kedua negara serta dukungan baik antara Pangab AS dan Panglima TNI.

“Dengan demikian Panglima TNI beserta istri dan delegasi memutuskan tidak akan menghadiri undangan Pangab AS sambil ada penjelasan resmi dari pihak AS,” ujar Wuryanto.

Pages: 1 2

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)