Tuesday, 21 November 2017

Kernel Linux LTS 4.14 Dirilis, Pengaruhi Pengembangan Android

Kernel Linux LTS 4.14 Dirilis, Pengaruhi Pengembangan Android

Foto : Ikon Android dengan kue kering Oreo. (ist)

California, Swamedium.com — Linus Torvald secara resmi telah merilis Kernel Linux versi 4.14, Ahad (12/11) lalu. Rilis Linux versi 4.14 itu nantinya akan memberikan dukungan pembaruan dan keamanan dengan masa berlaku yang lama.

Namun, dirilisnya Linux versi 4.14 itu rupanya mempengaruhi pengembangan sistem operasi Android. Seperti yang dikatakan oleh staf teknisi senior di Google, Ilyan Malchev.

“Seluruh perangkat Android akan menggunakan kernel (Linux) LTS,” ujarnya.

Meski begitu, Ilyan menyayangkan, dukungan Kernel Linux tersebut hanya berlaku selama dua tahun dan untuk pengembangan gawai yang menerapkan sistem SoC (Socket On Chip) membutuhkan lebih dari dua tahun sampai di rilis di pasaran.

“Masalahnya dengan LTS adalah hanya dua tahun (dukungannya). Jadi, pada saat perangkat SoC pertama dipasarkan, mungkin Anda memerlukan (pengembangan selama) satu tahun, jika Anda beruntung, jika tidak, semuanya berakhir,” pungkasnya.

Meski tidak menguntungkan bagi Android, Linus Torvald telah menjamin tidak akan terjadi pengambilalihan komputer oleh hacker. Bekerjasama dengan Intel yang dipimpin oleh teknisi Intel Fengguang Wu, Linus telah menutup celah ancaman tersebut. Untuk melihat perubahan lebih lengkap, Anda bisa melihat catatan rilis dari Kernel Linux 4.14. (*/rk)

Related posts

Comments on swamedium (1)

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)