Tuesday, 21 November 2017

Pemerintah Segera Sosialisasikan Kenaikan Daya Listrik

Pemerintah Segera Sosialisasikan Kenaikan Daya Listrik

Foto. Masyarakat khawatir kenaikan daya listrik membuat biaya hidup semakin naik. (ist)

Jakarta, Swamedium.com – Rencana pemerintah menyederhanakan penggolongan daya listrik memunculkan polemik. Agar kontroversi tak berlarut-larut, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan menggelar sosialisasi untuk menjelaskan program tersebut ke masyarakat.

Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi dan Kerja Sama Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan, pemerintah akan melakukan sosialisasi dan forum group discussion (FGD) dalam menanggapi masyarakat yang belum merestui rencana tersebut.

Pemerintah juga berharap informasi terkait rencana kebijakan peleburan golongan listrik itu benar-benar dipahami masyarakat dan diketahui pula seluruh manfaatnya.

“Kami memahaminya, kebijakan ini hanya belum dipahami dengan baik, jadi kita akan jelaskan terus, PLN juga. Maka dilakukan sosialisasi yang luas untuk memastikan manfaatnya kepada masyarakat,” ujar Dadan di Kementerian ESDM, Selasa (14/11) yang dirilis CNNindonesia.com.

Menurut dia, masyarakat harus tahu bahwa rencana kebijakan ini tak akan membebani karena tarif dasar listrik (TDL) tak naik. Hal itu sesuai komitmen pemerintah dan keputusan yang disepakati bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Selain itu, masyarakat juga harus memahami bahwa peningkatan daya listrik juga tak akan menimbulkan pemborosan pemakaian listrik, karena tentu bergantung pada karakter pemakaian listrik masing-masing rumah tangga.

“Saya rasa, kalau boros banyak cara untuk masyarakat di rumah agar bisa melakukan pembatasan sendiri dalam menggunakan listrik. Kan bisa saja mereka lakukan kontrol,” terang Dadan.

Pemerintah menjamin seluruh pergantian instalansi distribusi listrik itu akan ditanggung oleh PLN, sehingga tak menambah beban bagi masyarakat.

“Tidak ada perubahan harga tarif tenaga listrik. Nanti PLN akan menanggung biaya untuk proses perubahan golongan tarif ini. Semua penggantian MCB itu akan ditanggung oleh PLN,” tuturnya. (*/maida)

Pages: 1 2

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)