Tuesday, 21 November 2017

Setelah Sekian Lama, RedHat Akhirnya Ciptakan RHEL OS untuk Prosessor ARM

Setelah Sekian Lama, RedHat Akhirnya Ciptakan RHEL OS untuk Prosessor ARM

Foto : Logo Redhat (ist)

Nort Carolina, Swamedium.com — Setelah bertahun-tahun menciptakan sistem operasi Redhat Enterprise Linux (RHEL). Akhhirnya, RedHat berencana akan membuat RHEL OS yang dirancang untuk server dengan prosesor ARM.

“Pembuatan (RHEL untuk) server ARM yang siap digunakan pada perusahaan mainstream tidaklah mudah, mulai dari standarisasi platform, perancangan purwarupa, proses validasi dan verifikasi, pemberdayaan sistem operasi hingga pengembangan ekosistem baik untuk ekosistem dalam dan ekosistem luar. Untuk membantu standarisasi dan prancangan sistem untuk server, kami mendirikan LinaroEnterprise Group yang membantu dalam standarisasi perancangan sistem operasi yang digunakan untuk server.” jelas Kepala Pimpinan Arsitektur ARM Redhat, Jon Master seperti yang ia tulis di profil likedln.

Adapun kernel Linux yang digunakan RHEL OS versi 7.4 untuk prosesor ARM seperti yang dilansir dari catatan rilis RHEL 7.4 adalah kernel Linux versi 4.11.

Di tempat terpisah, Vlad Krasnov teknisi dari CloudFlare telah melakukan uji komparasi konsumsi daya antara server dengan menggunakan prosesor Intel Xeon Broadwell dan Xeon Skylake dengan ARM Qualcomm Snapdragon.

Hasilnya, seperti yang dikutip dari blog.cloudflare.com; Server dengan prosesor ARM hanya memerlukan daya sebesar 120 Watt dibanding kedua server yang menggunakan prosesor Intel.

“Ini menjadi kesempatan yang besar dengan (menggunakan) produk ARM untuk server, meski server dengan prosesor Intel jauh lebih superior (dari prosesor ARM), tapi jika dilihat dari kinerja sistem, (ketiganya) sangat atraktif.” ungkas Krasnov. (*/rk)

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)