Thursday, 21 March 2019

Beroperasi Komersil Januari, Tarif Kereta Bandara Soeta Tak Sampai 100 Ribu

Beroperasi Komersil Januari, Tarif Kereta Bandara Soeta Tak Sampai 100 Ribu

Foto. Kereta Api Bandara Soekarno Hatta akan mulai beroperasi dengan tarif resmi pada 2 Januari 2018. (ist)

Jakarta, Swamedium.com – Pemerintah menetapkan harga tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta yang akan beroperasi komersil per Januari 2018 di kisaran Rp 70.000-Rp 80.000 per orang. Pertimbangannya, harga itu dinilai yang paling sesuai dengan daya beli masyarakat.

Namun, selama satu bulan masa uji coba, tarifnya hanya Rp 50 ribu per penumpang. Sebelumnya, tarif tiket KA Bandara direncanakan Rp 100.000, tetapi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akhirnya memutuskan menurunkan harganya dengan pertimbangan daya beli masyarakat.

“Tidak sampai Rp 100.000, indikasinya Rp 70.000- Rp 80.000,” katanya di Istana Bogor, Rabu (6/12) yang dirilis kompas.

Budi mengatakan, harga tiket tersebut akan berlaku per 2 Januari 2018. Kereta Bandara Soeta ini akan diresmikan presiden pada 11 Desember 2017. Selama satu bulan masa percobaan atau hingga 1 Januari 2018, menurut Budi, tarif kereta masih dipatok sebesar Rp 50 ribu.

Kereta Bandara Soeta tersebut dioperasikan oleh PT Railink. Direktur Utama Railink Heru Kuswanto menambahkan, keberadaan KA Bandara Soekarno-Hatta ini diharapkan mampu menarik minat masyarakat untuk berkendara transportasi umum.

Kemudian ke depan terjadi pengalihan sebagian pemerjalan berbasis jalan raya ke pemerjalan berbasis jalan rel pada koridor Jakarta-Bandara. Di sisi lain, keberadaan KA Bandara ini diharapkan mampu menambah alternatif berkendara transportasi umum bagi masyarakat dan memperbaiki akses Bandara terbesar di Indonesia ini.

“Pengalaman membuktikan bahwa pengoperasi KA Bandara Kualanamu ternyata mampu memperbaiki rating Bandara Kulanamu terkait aksesibilitas,” tambah Heru.

Dengan 10 trainset yang dimiliki PT Railink, diharapkannya, mampu mengoperasikan paling tidak 124 KA per hari dengan headway setiap 15 menit sekali, waktu tempuh Manggarai-Bandara Soetta. Sedangkan total daya angkutnya 33.728 tempat duduk per hari. (*/maida)

Pages: 1 2

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)