Tuesday, 19 February 2019

Inilah Implikasi Keputusan Donald Trump

Inilah Implikasi Keputusan Donald Trump

Foto: Aksi bela Al-Quds yang digelar di depan Kedubes AS di Jakarta, Ahad (10/12). (Nael/swamedium)

Oleh: Ahmad Dzakirin*

Semarang, Swamedium.com – Presiden AS Donald Trump mengambil keputusan politik paling berisiko untuk mengakui Yerusalem (Al Quds) sebagai ibu kota Israel. Keputusan kontroversial itu ditentang keras oleh para pemimpin dunia.

Uniknya, dia mengklaim telah melakukan ”pendekatan politik baru” dalam penyelesaian konflik Israel- Palestina dan memerintahkan pemindahan kedutaan besar AS dari Tel Aviv ke Yerusalem secara bertahap.

Dalam pidatonya, Trump secara tidak langsung mengkritik para pendahulunya yang dianggap tidak mempunyai cukup keberanian, karena menunda pelaksanaan ”Embassy Act” pada 1995 yang menjadi dasar pengakuan Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan pembukaan kedutaan besar AS di kota suci tersebut.

Hanya saja, hampir semua presiden AS memiliki cara pandang yang sama bahwa pengakuan resmi AS dapat memicu krisis diplomatik dan sekaligus kematian proses pembicaraan perdamaian Israel-Palestina.

Kendati pro Israel, para presiden AS mengakui derajat risiko pengakuan tersebut bagi dunia Islam dan implikasinya terhadap peran AS dalam perdamaian dunia.

Namun dalam logika terbalik Trump, terobosan perdamaian tersebut justru dilakukan dengan cara kontroversial dan melanggar hukum internasional. Hingga kini, tidak ada negara-negara anggota PBB yang menempatkan kedutaannya di Yerusalem.

Resolusi Dewan Keamanan PBB 478/1980 menganggap Israel sebagai ”kekuatan pendudukan” dan melarang anggota PBB membuka misi diplomatik di Yerusalem.

Banyak komentator politik yang menengarai bahwa pengakuan AS tersebut sebagai bentuk konsesi domestik Donald Trump yang tengah kesandung kasus campur tangan Rusia dalam Pemilu Presiden AS beberapa saat lalu.

Celakanya, pengakuan bersalah mantan penasihat Trump, Michael Flynn berpotensi menyeret Jared Kushner, seorang Yahudi fanatik utusan khusus AS untuk Timur Tengah sekaligus menantunya, dan dirinya sendiri dalam tindakan kriminal dan kemungkinan impeachment.

Pages: 1 2 3

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)