Monday, 10 December 2018

Deklarator PA 212: Alumni 212 Tak Mau Terseret Kisruh La Nyalla

Deklarator PA 212: Alumni 212 Tak Mau Terseret Kisruh La Nyalla

Foto: Deklarator Presidium Alumni 212 Ansufri Idrus Sambo. (Nael Kilimanjaro/swamedium)

Jakarta, Swamedium.com – Deklarator Presidium Alumni 212 Ansufri Idrus Sambo menegaskan pihaknya tidak mau terseret dalam kisruh yang terus diumbar oleh La Nyalla Matalitti terhadap Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Sambo menyayangkan sikap La Nyalla yang mengeluarkan tuduhan soal mahar pilkada Jawa Timur yang disebutnya diminta oleh Prabowo.

“Saya akan bikin klarifikasi. Tolonglah kalau kita punya ambisi politik jangan umat dibawa-bawa. Kalau memang gak bisa lulus, ya, sudahlah. Terima itu dari fakta politik,” kata Sambo, Jumat (12/1).

Penggagas Tamasya Al Maidah saat pilgub DKI lalu itu, menjelaskan bahwa awal pembentukan gerakan 212 sebagai respon umat Islam terhadap sikap penguasa yang menurut Sambo, pemerintah berpihak pada Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dalam kasus penistaan agama yang terjadi menjelang Pilgub DKI.

Kemudian, lanjut Sambo, gerakan 212 pun bertransformasi menjadi gerakan membela umat Islam pasca munculnya kriminalisasi ulama, tokoh dan aktivis.

“Sudah kemari-kemari karena kayak gini posisinya, ya, memang harus dibikin gerakan politik, tapi bukan politik praktis dalam artian masuk partai,” tukas Sambo.

Dia menengarai, banyak kandidat pilkada mendekati umat Islam karena melihat basis massa gerakan 212 yang cukup besar. Meski dirinya tidak mengetahui pasti kekuatan massa, namun Sambo menyebut bahwa massa gerakan 212 yang berada di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur cukup signifikan.

“Di internal Alumni 212 juga ada yang bersuara untuk terjun ke politik. Akhirnya ada sejumlah alumni yang meminta rekomendasi langsung kepada tiga partai pendukung umat selama ini, yakni Partai Gerindra, PKS, dan PAN,” ungkap Sambo. (*/ls)

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)