Thursday, 16 August 2018

DPR : Apa Urgensinya Impor Beras?

DPR : Apa Urgensinya Impor Beras?

Foto: Anggota Komisi I DPR RI Sukamta. (ist)

Jakarta, Swamedium.com – Pemerintah Jokowi-Jusuf Kalla berencana akan mengimpor beras sebanyak 500 ribu ton dari Thailand dan Vietnam. Kalangan DPR pun mempertanyakan urgensi kebijakan pemerintah tersebut.

“Pemerintah harus mengkaji betul sebelum sebuah kebijakan diambil. Termasuk soal impor beras ini. Apa urgensinya kita harus impor beras? Padahal diperkirakan Februari 2018 ini para petani kita akan panen raya. Kenapa tiba-tiba pemerintah mau impor beras? Kajian dan datanya seperti apa? Pada siapakah pemerintah memihak? Pada petani dan rakyatkah atau kepada importir?,” ujar Anggota Komisi I DPR RI, Sukamta, di Jakarta, Rabu (17/1).

Politikus dari Partai Keadilan Sejahtera ini juga mengatakan, persediaan beras di beberapa daerah mengalami surplus. Ia mencontohkan di daerah pemilihannya, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Berdasarkan informasi dari Kepala Dinas Pertanian DIY, Sasongko, bahwa di Yogyakarta sendiri setiap tahun rata-rata surplus beras sekitar 200-250 ribu ton.

“Sementara produksi beras di DIY per tahun 920 ribu ton,” tukasnya.

Anggota Banggar DPR RI ini juga menekankan, jika memang ada daerah-daerah yang nantinya kekurangan stok beras, setidaknya stok beras yang surplus di beberapa daerah bisa dialokasikan ke sana.

“Jadi saling melengkapi. Jangan ujug-ujug mau impor beras. Kasihan juga para petani kita kalau beras hasil panennya, nanti harganya anjlok karena masuknya beras impor,” tutur Sukamta.

Diamini Sukamta, sampai saat ini memang terjadi kenaikan harga beras, yang diklaim pemerintah sebagai alasan untuk melakukan impor.

“Tapi apakah karena ulah tengkulak yang memainkan harga? Atau memang dikarenakan faktor musim hujan yang membutuhkan tenaga dan biaya lebih untuk pengolahan beras? Atau ada oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang meneguk keuntungan dari impor beras dengan mengorbankan petani kecil?.” tandasnya.

Pages: 1 2

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)