Friday, 25 May 2018

Musim Dingin, Dewan Dakwah Hadirkan Kehangatan bagi Pengungsi Suriah

Musim Dingin, Dewan Dakwah Hadirkan Kehangatan bagi Pengungsi Suriah

Foto: dewan dakwah bantu pengungsi suriah di turki. (Dok. DDII)

Ankara, Swamedium.com – Ny Ummu, sebut saja begitu, lebih banyak membisu. Sikapnya sedingin salju yang mengepung flat yang didiaminya sekeluarga. Pun ketiga anak Ummu, seperti kehilangan keceriaan kanak-kanak.

Tim Kemanusiaan LAZNAS Dewan Dakwah maklum akan sikap pengungsi asal Suriah di Kamp Kahraman Maras, Turki, itu. Bagaimana tidak, Ummu telah kehilangan banyak. Ayahnya, ibunya, suaminya tewas tatkala bom menghantam rumah mereka di Suriah. Ny Ummu sendiri harus menyandang cacat akibat tersambar serpihan bom. Kini, di ruang sempit flat di pengungsian, ia harus menjadi single parent bagi ketiga anaknya yang tersisa.

Keluarga Ummu salah satu dari ribuan pengungsi Suriah di daerah Kahraman Maras. Kamp ini berjarak tempuh sekitar duabelas jam dari Istanbul dan dua jam dari perbatasan Suriah-Turki.

Di Kahraman Maras ada sekitar 100 ribu pengungsi Suriah dari total hampir 4 juta pengungsi Suriah di sepanjang perbatasan Suriah-Turki.

Para pengungsi Suriah di Lebanon dan Turki, rata-rata tidak bisa mendapat pekerjaan dengan gaji memadai untuk hidup sehari-hari. Mereka mencari nafkah sebagai kuli angkut di pasar, buruh di kebun, tenaga pembersih di restoran, atau jadi pedagang kaki lima.

Begitupun, pengungsi di Kahraman Maras kondisinya mendingan. Mereka dapat menyewa flat atau rumah sangat sederhana dengan kayu bakar sebagai bahan bakar untuk penghangat ruangan. Kadang satu ruangan kecil diisi sembilan orang. Satu flat kecil bisa diisi tiga atau empat keluarga.

Anak-anak mereka difasilitasi oleh Hayrat Yardim yang mendirikan madrasah-madrasah tahfidz bagi anak anak TK hingga remaja. Selain di wilayah Turki, Hayrat juga membantu sekitar 10 ribu anak untuk terus belajar di madrasah yang didirikan di wilayah Suriah perbatasan.

Foto: Laznas Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia

Di Kahraman Maras, kunjungan Tim Kemanusiaan LAZNAS Dewan Dakwah pada medio Desember 2017 diterima oleh Wakil Walikota Maras, Mr Ramazan. Ia didampingi Mr Adnan sebagai Ketua Asosiasi NGO di Maras, dan Ustadz Feridun sebagai Ketua Hayrat Yardim untuk urusan Suriah. Mereka menyampaikan terima kasih atas dukungan masyarakat Indonesia kepada para pengungsi.

Pages: 1 2 3

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)