Tuesday, 19 February 2019

Menteri Susi Komitmen Bangun Perikanan Papua

Menteri Susi Komitmen Bangun Perikanan Papua

Foto: Biro Kerja Sama dan Humas KKP

“Bioflok ini bisa dilakukan oleh ibu-ibu rumah tangga. Selain kelompok pembudidaya ataupun koperasi, sebenarnya masyarakat bisa menerapkan ini. Dimulai dengan modal sendiri, nanti kita bantu bibitnya. Contohnya di Sleman itu KUB yang kita bantu itu menjadi sentra penjualan bibit, sedang masyarakatnya yang melakukan pembesaran. Masing-masing warga di Sleman memiliki kolam sendiri,” jelasnya.

Selain teknologi bioflok, KKP juga mendorong pengembangan pakan ikan mandiri di Papua mengingat ketersediaan bahan baku lokal yang melimpah seperti jagung dan kedelai. Dengan pakan mandiri diharapkan keuntungan yang diperoleh pembudidaya akan lebih besar.

Sedangkan untuk keberlanjutan penangkapan ikan di perairan umum seperti danau, KKP mendorong dilakukan restocking, tentunya dengan memperhatikan jenis ikannya, agar tidak mengancam ikan endemik danau.

Pembangunan sektor kelautan dan perikanan Papua ini telah menunjukkan hasil. Menurut Pjs Gubernur Papua Soedarmo, pada periode 2013-2017 capaian pembangunan mengalami peningkatan, terutama sektor produksi perikanan budidaya yang tumbuh sebesar 1,09 persen dengan luas lahan sebesar 1,02 persen dan jumlah pembudidaya sebanyak 2,5 persen.

“Pengembangan perikanan budidaya tersebar di 29 kabupaten/kota berbasis pada lima wilayah adat,” ungkap Soedarmo.

Tidak hanya fokus terhadap persoalan produksi, Menteri Susi juga menyoroti pentingnya penguatan permodalan dan persoalan pemasaran. Untuk kedua hal ini, Ia menegaskan kesiapan KKP untuk bekerja sama dengan Pemda setempat.

“Pemda harus membantu dalam pemasaran produk kelautan dan perikanan. KKP itu memiliki BLU (Badan Layanan Usaha), silahkan ajukan jika ingin mengajukan peminjaman modal,” ungkapnya.

Terkait perikanan tangkap, Menteri Susi berharap agar ikan hasil tangkapan di perairan Papua didaratkan dulu di Papua, selanjutnya dilakukan penimbangan dan dipungut retribusinya sebelum ikan tersebut dikirim keluar dari Papua. Dengan begitu, Ia berharap keluar masuk ikan dari Papua selalu melalui pendataan dan memberikan manfaat nyata bagi daerah.

Pages: 1 2 3

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)