Thursday, 16 August 2018

Ini Penjelasan BMKG soal Tsunami 57 Meter

Ini Penjelasan BMKG soal Tsunami 57 Meter

Foto: Kepala BMKG Dwikorita Karnawati (aa.com.tr)

Jakarta, Swamedium.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menegaskan bahwa isu tsunami setinggi 57 meter yang akan terjadi di Pandeglang, Provinsi Banten, bukan prediksi. Itu merupakan hasil pemodelan penelitian saja.

“Modeling masih harus diuji lebih lanjut dengan model lain dan harus diverifikasi dengan data yang valid. Jadi, belum dapat dijadikan acuan untuk mengambil langkah mitigasi,” kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati melalui video konferensi di Jakarta, Kamis (5/4).

Kepala BMKG didampingi Deputi Bidang Geofisika BMKG Muhamad Sadly yang berada di Jayapura, Provinsi Papua, mengatakan bahwa modeling berbeda dengan prediksi yang berdasarkan data serta fakta. “Maka, hasil model itu kenapa belum menjadi acuan BMKG untuk mengambil langkah-langkah seperti mengeluarkan peringatan dini,” kata Dwikorita.

Deputi Bidang Geofisika BMKG Muhamad Sadly mengatakan bahwa isu tsunami di Pandeglang itu masih merupakan hasil modeling, bukan prediksi. “Model ada banyak yang bisa digunakan, dengan memasukkan berbagai parameter bisa muncul puluhan prediksi,” kata Sadly.

Dia menjelaskan bahwa para peneliti mengeluarkan model dari teori dan penelitian tahap awal. “Jadi, penelitian hanya untuk memberikan edukasi, bukan menakuti-nakuti masyarakat, serta membangun kepedulian dan kesadaran masyarakat bahwa negara kita memang rawan bencana,” kata dia menambahkan.

Sebelumnya, Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Unggul Priyanto dengan tegas mengatakan bahwa isu potensi tsunami di Pulau Jawa bagian barat adalah sebuah kajian pemodelan secara ilmiah. “Datangnya bisa saja masih lama, bisa saja juga tidak terjadi. Masyarakat tidak perlu galau dengan pemberitaan yang tidak lengkap atau sensasional,” katanya.

Potensi tsunami di Jawa bagian barat yang dimaksud adalah hasil kajian akademis awal dari simulasi model komputer, menggunakan sumber tsunami dari gempa bumi di tiga titik potensi gempa bumi megathrust, Enggano, Selat Sunda, dan Jawa Barat bagian selatan.

Pages: 1 2

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)