Friday, 20 April 2018

Soal Beasiswa Perti, DPRD Jabar Minta Disdik Transparan

Soal Beasiswa Perti, DPRD Jabar Minta Disdik Transparan

anggota Komisi V DPRD Jabar dr Ikhwan Fauzi

Bandung, Swamedium.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jawa Barat meminta Dinas Pendidikan Jawa Barat untuk berlaku transparan dalam mengumumkan perguruan tinggi (perti) penerima beasiswa pendidikan, kalau hanya diumumkan untuk kalangan terbatas, namanya akal-akalan, dan akan sia-sia dana besar yang digelontarkan pemerintah untuk dunia pendidikan. Tahun 2018, beasiswa pendidikan nilainya Rp13 miliar.

“Kami dewan, banyak mendapat pertanyaan dari warga, kenapa tidak ada lagi beasiswa pendidikan. Mendapat pertanyaan seperti itu, kami terang kaget, padahal setiap tahun anggaran untuk beasiswa ada, dan dananya pun sangat besar, tahun 2018 dananya sebesar Rp13 miliar,” kata anggota Komisi V DPRD Jabar dr Ikhwan Fauzi, saat dihubungi via telepon selular, Minggu (15/4).

Dijelaskan Ikwan, Dinas Pendidikan Jawa Barat setiap tahun selalu mengucurkan beasiswa pendidikan untuk warga Jawa Barat, dan beasiswa tersebut tidak hanya berlaku untuk mahasiswa yang kuliah diperguruan tinggi negeri diperguruan tinggi swasta pun beasiswa tersebut tetap ada.

Tetapi sayangnya, hanya di universitas negeri seperti Universitas Padjajaran (Unpad) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) saja pengumuman penerimaan beasiswa itu acap terpampang di universitas swasta, pengumuman tersebut jarang terlihat.

“Oleh karena itu, Komisi V DPRD Jabar meminta, Disdik Jabar terbuka, dalam mengumumkan beasiswa. Jangan ditutup-tutupi, atau hanya disebarkan untuk kalangannya sendiri. Himbauan ini harus dipatuhi dan dilaksanakan. Kalau tidak juga dipatuhi, lebih baik anggarannya dihentikan, dialihkan ke pos lain yang lebih membutuhkan,” ancam Fauzi.

Komisi V DPRD Jabar juga meminta Disdik Jabar untuk melaporkan dana beasiswa secara lebih rinci, tidak seperti laporan yang ada sekarang.

“Komisi V DPRD Jabar, belum pernah melihat dan menerima laporan dari Disdik Jabar tentang persyaratan, dan data Mahasiswa penerima beasiswa, yang ada jumlah Perti penerima dan gelondongan anggaran semata,” jelasnya.

Pages: 1 2

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)