Wednesday, 20 February 2019

Rindu Habib Rizieq

Rindu Habib Rizieq

Foto; Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab. (ist)

Puncaknya adalah seruan aksi bela Islam 212 yang lalu yang disambut gegap gempita jutaan umat Islam Indonesia. Sambutan luas umat Islam atas seruan untuk bela Islam menandakan Habib Rizieq adalah tokoh yang memiliki reputasi baik di mata umat Islam Indonesia.

Habib Rizieq memang terkenal dengan fikiran beliau yang Tawasuth (moderat Islam), tidak bablas ke kanan seperti segelintir komunitas yang hobi membid’ahkan (seperti membid’ahkan demo), apalagi terjebak ke kiri seperti segelintir pihak yang tidak jarang justru menunjukkan dukungannya kepada aliran-aliran sesat dan kafir sehingga sangat membingungkan ummat.

Yang paling membanggakan, dalam kasus dugaan penistaan agama oleh Gubernur DKI Jakarta, Ahok, Habib Rizieq menunjukkan sikap sangat tegas. Intinya, Habib Rizieq konsisten atas garis Islam.

Tapi disisi lain, Habib Rizieq juga menghargai perbedaan keyakinan. Kita bisa melihat beberapa foto beliau dengan orang-orang non muslim. Habib Rizieq memiliki reputasi baik dalam agenda Wihdatul Ummah (persatuan ummat).

Ia dekat dengan ulama tradisional, para Kyai di Jawa dan abu-abu di Aceh. Kita bisa lihat foto-foto beliau dengan ulama-ulama tradisional di Aceh. Saat ke Aceh, Habib Rizieq betul-betul dihargai sebagai Sang Ulama dan keturunannya Rasulullah Saw.

Bukan hanya itu, Habib Rizieq nampak juga tidak anti dengan gerakan Islam politik yang berkiprah di gelanggang perpolitikan Indonesia saat ini.

Saya belum pernah mendengar ceramah Habib Rizieq yang membenci gerakan Islam politik, sebagaimana yang dilakukan sekelompok orang yang mengaku “kaum salaf” yang sangat membenci Asy’ariyah-Maturidiyah (kalangan Islam tradisional di Indonesia) dan kelompok Hizbi (Islam politik) yang hal ini bisa kita simak dalam ceramah-ceramah dan buku mereka. Hal ini menandakan bahwa Habib Rizieq adalah tokoh umat Islam yang mampu menjadi perekat ummat.

Pages: 1 2 3

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)