Sunday, 16 December 2018

Ombudsman Temukan Maladministrasi Proses Kedatangan TKA

Ombudsman Temukan Maladministrasi Proses Kedatangan TKA

Ilustrasi. (ist)

Jakarta, Swamedium.com – Mulai terkuak, keberadaan tenaga kerja asing ilegal di Tanah Air bukan sekadar isapan jempol. Ombudsman Republik Indonesia telah menemukan maladministrasi dalam proses kedatangan tenaga kerja asing di Indonesia.

”Kami pernah melakukan kajian di Kalimantan Timur. Di sana, kami menemukan indikasi maladministrasi dalam proses kedatangan tenaga kerja asing di Indonesia,” ungkap anggota Ombudsman RI, Ninik Rahayu, Selasa (17/4) lalu.

Berdasarkan laman indopos.co.id yang dilansir potretnews.com, Ninik menjabarkan, indikasi maladministrasi tertuju kepada dugaan adanya penyalahgunaan visa oleh TKA ilegal.

”Jadi misalnya mereka itu visanya bukan visa kerja tetapi mereka bekerja. Kalau visa kunjungan kan terbatas, tapi dia menetap untuk waktu lama. Dan itu tanpa ada pengawasan dan sanksi terhadap mereka,” katanya.

Ironisnya, kata Ninik, jumlah TKA ilegal di daerah tersebut sangat besar.

“Mereka jumlahnya cukup besar untuk Kalimantan Timur. Cukup besar angkanya. Itu baru yang di Kalimantan Timur saja,” terangnya.

Ninik berpendapat, penyalahgunaan visa oleh TKA ilegal sebagai buntut dari penerapan bebas visa kepada wisatawan asing.

”Nampaknya digunakan betul visa itu, indikasinya sangat luar biasa. Ini kan kita sudah bebas visa. Sehingga orang dengan mudah masuk,” ujarnya berpendapat.

Di lain pihak, ia juga menyayangkan, penyalahgunaan visa ini juga sebagai akibat dari minimnya sarana dan prasarana pencegahan dan pengawasan oleh Kepolisian dan Imigrasi.

”Sementara kanwil imigrasi maupun kepolisian tidak cukup sarana dan prasarana untuk mencegah dan melakukan pengawasan,” ucapnya menyayangkan. (*/ls)

Sumber: Indopos, Potretnews

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)