Tuesday, 18 September 2018

Perahu Pengungsi Rohingya Kembali Terdampar di Aceh

Perahu Pengungsi Rohingya Kembali Terdampar di Aceh

Perahu yang membawa pengungsi Rohingya terdampar di pantai Bireuen, Aceh. (ACT)

Banda Aceh, Swamedium.com – Aceh kembali menjadi saksi terdamparnya perahu pengungsi Rohingya. Pasca shalat Jumat (20/4) sebuah perahu tradisonal ditemukan terombang-ambing di tengah laut dekat pantai Kuala Raja, Bireuen.

Saat kabar ini ditulis, dikabarkan sebanyak 74 jiwa memenuhi dek kapal kayu tersebut. Dari jumlah tersebut di antaranya terdapat 43 laki-laki dewasa, 23 perempuan dewasa, serta 8 anak-anak.

Pada 2015 lalu, ribuan pengungsi Rohingya juga terkatung di laut hingga akhirnya terdampar di Aceh.

“Entah apa yang menjadi pemicu kehadiran kembali penyintas Rohingya ke tanah Aceh, yang pasti puluhan tahun sudah Rohingya ditawan derita. Balita hingga orangtua berpeluang sama untuk menjadi korban jiwa berikutnya. Mereka selalu dibantai, diusir, diperlakukan semena-mena,” tutur Ma’ruf, salah satu pegiat dari Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Ma’ruf mengatakan, ACT Aceh bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) saat ini telah mendampingi para pengungsi Rohingya yang baru tiba di Bireuen.

“Mohon doa dan dukungan dari Sahabat kemanusiaan ACT, semoga ikhtiar untuk menolong saudara Rohingya ini senantiasa Allah ta’ala beri keselamatan dan kelancaran,” ujarnya. (*/ls)

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)