Tuesday, 16 October 2018

Saksi Ahli Sebut Advokat Miliki Hak Imunitas Saat Menjalankan Tugas

Saksi Ahli Sebut Advokat Miliki Hak Imunitas Saat Menjalankan Tugas

Jakarta, Swamedium.com – Sidang perintangan penyidikan dalam kasus e-KTP dengan tersangka Fredrich Yunadi kembali digelar di pengadilan Tindak Pidana Korupsi Kemayoran Jakarta Pusat. Sidang kali ini dengan agenda mendengarkan kesaksian saksi ahli asal Universitas Pakuan Bogor Youngky Fernando.

Dalam kesaksiannya Youngky mengatakan, frasa “setiap orang” dalam pasal 21 UU Tipikor tidak serta merta dapat dikenakan oleh siapa saja, namun dikecualikan untuk penegak hukum seperti profesi Advokat yang melekat pada Fredrich Yunadi.

“Karena Advokat merupakan bagian dari penegak hukum, jika menjalankan tugas dan kewenangannya berdasarkan Peraturan perundang-undangan, maka Advokat memilik imunitas dan tidak dapat dituntut secara pidana, hal ini dikorelasikan dalam pasal 50 KUHP,” kata Youngky dihadapan majelis hakim Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (21/5).

Dalam keterangannya kepada Majelis Hakim, Youngky juga menjelaskan jika pasal 21 UU Tipikor merupakan delik umum dan bukan delik pidana korupsi maka yang berhak melakukan penyelidikan dan penyidikan, penuntutan dan mengadili perkara ini adalah penyidik tindak pidana umum dan peradilan umum bukan Pengadilan Tipikor yang saat ini mengadili Fredrich. Apalagi menurut Pasal 24(1)(2)(3) UUD 1945 jo pasal 38 (1) UU no 48/2009 tentang Kekuasaan Kehakiman “ selain Mahkamah Agung RI dan badan peradilan dibawahnya serta Mahkamah Konstitusi, terdapat badan lain yang fungsinya berkaitan dengan kekuasaan kehakiman antara lain kepolosian, kejaksaan, Advokat, dan lembaga permasyarakatan.

“Hak imunitas penegak hukum melekat di Advokat, sehingga advokat tidak termasuk yang dimaksud dalam pasal 21 UU 31/1999,” tegasnya.

Lebih lanjut Youngki mengatakan,. pengertian DELIK OBSTRUCTION of JUSTICE yaitu Pasal 21 UU No 31/1999 Jo UU No 20/2001.Berdasarkan Doktrin Hukum Pidana bahwa Rumusan unsur-unsur Delik adalah terdiri atas:

Pages: 1 2 3 4

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)