Saturday, 18 August 2018

PBB Siap Bela Aktivis HMI-MPO

PBB Siap Bela Aktivis HMI-MPO

Jakarta, Swamedium.com — Wakil Ketua Umum Bidang Polhukam DPP Partai Bulan Bintang Jurhum Lantong menyayangkan tindakan represif terhadap Mahasiswa yang dilakukan oleh oknum-oknum anggota Polisi dalam menghadapi massa aksi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI MPO) Cabang Jakarta pada Senin (21/8) lalu di depan Istana.

“Dikeroyok, ditendang dengan sepatu laras, Anak Mahasiswa HMI MPO. Disiksa apa mau DiBunuh. mereka tidak Bersenjata,” tulis Jurhum dalam akun twitternya @JurhumLantong pada Kamis (24/5).

Mantan Aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (MPO) era 90-an, Jurhum Lantong juga mengatakan sebelumnya bahwa Mahasiswa dari HMI hanya menyampaikan kritikan tajam kepada pemerintahan Jokowi dalam memperingati runtuhnya rezim Soeharto saat 1998 silam.

Namun, pihak polisi menanggapi mereka dengan cara-cara biadab dan sangat jauh dari fungsi kepolisian dalam UU RI Nomor 2 Tahun 2002 Pasal 2, yang berbunyi: “Fungsi kepolisian adalah salah satu fungsi pemerintahan negara di bidang pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat”.

Mantan ketua umum HMI (MPO) Cabang Jakarta tahun 95-96 ini juga menyebutkan bahwa Undang-undang Kepolisian di atas, tidak sepantasnya polisi melakukan aksi pemukulan terhadap mahasiswa. Sebab mereka hanya menyampaikan aspirasi kepada pemerintah dan itupun dilindungi oleh UU sebagaimana dalam UUD 1945 Pasal 28E ayat (3), yang menyatakan: “Setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul, dan menyampaikan pendapat”.

Selain itu, Jurhum yang mewakili Partai Bulan Bintang pertanyakan sikap polisi yang beropini dalam Aksi HMI di Istana yang sebelumnya sejumlah polisi yang terluka itu telah membuat laporan polisi.

Hal itu dikatakan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono bahwa pihaknya telah melakukan visum terhadap sejumlah polisi yang terluka. Sejumlah foto pun disertakan sebagai barang bukti.

Pages: 1 2

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)