Sunday, 19 August 2018

Infrastruktur di Era Jokowi Tanpa Perencanaan yang Matang

Infrastruktur di Era Jokowi Tanpa Perencanaan yang Matang

Foto: Pradipa Yoedhanegara. (Dok. pribadi)

Oleh: Pradipa Yoedhanegara*

Jakarta, Swamedium.com — Gembar-gembor soal pembangunan infrastrukfur di era kepemimpinan Jokowi, yang katanya menjadi andalan prioritas dalam pembangunan nasional saat ini menurut saya banyak dilakukan dengan cara serampangan, tidak terukur serta mengabaikan aturan main yang ada karena tidak ada metodelogi yang jelas dalam melakukan survei dan terkesan terburu-buru ketika membangun infrastruktur di sejumlah daerah.

Pembangunan infrastruktur disejumlah daerah harusnya terintegrasi dan menghubungkan daerah yang satu dengan yang lainnya, selain itu pembangunan infrastruktur seharusnya disertai juga dengan pemberdayaan ekonomi di masyarakat yang mengalami dampak langsung maupun tidak langsung sebagai akibat pembagunan infrastruktur yang sedang dilaksanankan, karena pembangunan infrastrukrur tidak cukup hanya mengejar infrastruktur, tanpa pengembangan ekonomi masyarakat”.

Infrastruktur yang dibangun diera presiden jokowi, terlihat jelas tanpa perencanaan yang matang, yaitu tidak ada survei DED yang baik, karena cenderung mengabaikan kwalitas infrastruktur tersebut, dan hanya ingin mengebut agar cepat selesai sesuai jadwal. Jadi hal tersebut malah terkesan main asal bangun tanpa melihat aspek dan kontur tanah yang ada didaerah tersebut. Tapi anehnya ketika terjadi kecelakaan dalam infra struktur yang disalahkan malah orang lain yaitu pihak kontraktor yang melakukan pembangunan terhadap proyek atau pekerjaan tersebut.

Selain tidak adanya perencanaan yang matang, infrastruktur yang saat ini dibangun juga terkesan Sangat membabi buta, salah satunya pembangunan jalan tol dan jembatan disejumlah daerah di Indonesia, padahal “Blue Print” pembangunan jalan tol sebenarnya sudah ada, salah satunya jalan tol dari jakarta sampai brebes. Pembangunan jalan akses tol harusnya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat, tapi ini malah menggerus ekonomi rakyat dan menyebabkan ekonomi nasional mandek atau mangkrak diangka 5% selama hampir empat tahun berkuasanya rezim presiden jokowi.

Pages: 1 2 3 4

Related posts

Comments on swamedium (3)

3 Comments

  1. Anonymous

    1. Normatif sekali tulisannya, kayak mahasiswa yg baru belajar nulis.
    2. Apa yg kita lihat di lapangan sudah membuktikan bahwa penulis hanya omong kosong. Mudik yg lancar tidak mungkin terjadi tanpa perencanaan.
    3. Berhenti mengumbar omong kosong, karena hanya akan mempertontonkan rendahnya intelegensimu!

    Reply
    1. Anonymous

      Etapi maaf ya bong 200, kenyataan nya ga seindah yg direncanakan. Macet mudik jaman now malah makin menggila. Sabar ya bong

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)