Monday, 10 December 2018

DPRD Jabar : Penunjukan Iwa Sebagai Plh Gubernur Tepat

DPRD Jabar : Penunjukan Iwa Sebagai Plh Gubernur Tepat

Foto: Ketua Komisi I DPRD Jawa Barat, Syahrir. (Ariesmen/swamedium)

Bandung, Swamedium.Com – Ketua Komisi I DPRD Jawa Barat Syahrir mengucapkan syukur alhamdulillah penandatanganan berita acara serah terima jabatan dan penyerahan memori jabatan Gubernur dari Ahmad Heryawan ke Sekda Iwa Karniwa berjalan lancar. Kegiatan berlangsung di Aula Barat Gedung Sate Jl Diponegoro, Bandung, Rabu (13/6).

“Alhamdulillah kegiatan bisa berjalan lancar,” kata Syahrir usai acara.

Serah terima dilakukan tepat di hari terakhir masa jabatan Aher 13 Juni 2018 mengingat pada saat itulah tugas Gubernur Jawa Barat periode 2013-2018 berakhir.

“Ini berkesinambungan. Estafet, bagi pak Gubernur di akhir masa jabatannya, kan tidak boleh ada kekosongan pelayanan dan kinerja Provinsi Jabar di akhir masa jabatan Gubernur,” jelasnya.

Wakil rakyat dari Partai Gerindra itu juga menilai penunjukan Iwa Karniwa menjadi Plh Gubernur juga keputusan tepat.

“Pak Iwa, kan sudah lama di pemerintahan. Dia memang pejabat karier. Saya rasa beliau sudah paham akan apa yang menjadi tugas dan fungsinya,” jelas.

Untuk itulah, lanjut Syahrir, patut diucapkan selamat menjalankan tugas sebagai Plh Gubernur, kepada Iwa Karniwa, sampai disahkannya Plt Gubernur oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Penunjukan Iwa sebagai Plh berdasar pada radiogram Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo kepada Gubernur Jabar Ahmad Heryawan bernomor 121.32/3694/Sj Jumat, 8 Juni 2018, terkait berakhirnya masa jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar per 13 juni.

Dalam telegram tersebut Mendagri Tjahjo Kumolo memaparkan berdasarkan pasal 131 ayat (4) PP no 49 tahun 2008 tentang perubahan ketiga atas peraturan pemerintah nomor 6 tahun 2005 tentang pemilihan, pengesahan pengangkatan dan pemberhentian kepala daerah dan wakil kepala daerah.

Pasal 131 ayat 4 berbunyi `Dalam hal terjadi kekosongan jabatan kepala daerah dan wakil kepala daerah sebagaimana dimaksud pada ayat (3), sekretaris daerah melaksanakan tugas sehari-hari kepala daerah sampai dengan Presiden mengangkat penjabat kepala daerah.` (Ris)

Pages: 1 2

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)