Saturday, 22 September 2018

Jokowi Effect, Tumpul ke PDIP Tajam ke Dollar

Jokowi Effect, Tumpul ke PDIP Tajam ke Dollar

Foto: Habil Marati, anggota DPR dari Fraksi PPP periode 2004-2009 Dapil Sulawesi Tenggara. (ist)

Rupiah sebagai pengukur tingkat harga aggregat terhadap sistim ekonomi rentan terhadap stabilitas politik dan proses politik. Nilai tukar rupiah sebagai ukuran kepercayaan dan resiko ekonomi terhadap lingkungan politik pada pemerintahan Jokowi terus menerus menunjukan pelemahan nilai tukar Rupiah terhada Dollar. Sejak Jokowi jadi Presiden, nilai tukar rupiah terhadap dollar tetap bertegger pada level 13,200. Ini artinya ada resiko jangka pendek dan ketidakpastian jangka panjang terhadap resource dan kebijakan-kebijakan ekonomi maupun non ekonomi dari pemerintahan Jokowi.

Seperti telah saya sampaikan di atas, Pilgub dan Pilkot/Pilbup adalah merupakan proses konsolidasi kekuatan politik dalam rangka untuk menjamin stabilitas politik maupun dukungan politik terhadap Jokowi. Kepercayaan politik dan stabilitas politik memiliki hubungan kredible terhadap lingkungan internal maupun eksternal ekonomi. Pergerakan nilai tukar Rupiah terhadap Dollar sebelum maupun setelah Pilgub dan Pilkot/Pilbub mengalami crowding out dan bleeding. Ini artinya lingkungan politik dan dukungan politik terhadap Jokowi rendah. Pasar merespon negatif atas hasil proses pilgub dan Pilkot/Pilbub.

Hal ini mengakibatkan kepercayaan pasar terhadap stabilitas politik yang dihadapi Jokowi sangat rendah dan berisiko akibatnya lingkungan eksternal ekonomi mengalami dekompresi. Pasar bereaksi negatif, artinya hasil pilkada serentak menunjukan Jokowi effect baik terhadap PDIP maupun Partai koalisinya tumpul terhadap hasil-hasil pilkada dan tajam terhadap menguatnya Dollar terhadap rupiah. Demikian juga hasil hasil pilkada ini maupun dampaknya terhadap stabilitas jangka pendek serta melemahnya nilai tukar rupiah akan menentukan 2019.

Pages: 1 2

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)