Saturday, 22 September 2018

DPRD Jabar Jadi Contoh untuk Mengevaluasi DPRD se-Indonesia

DPRD Jabar Jadi Contoh untuk Mengevaluasi DPRD se-Indonesia

Tim Kemendagri tengah mewawancarai anggota DPRD Jabar, Selasa (10/7).

Bandung, Swamedium.Com – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menetapkan DPRD Provinsi Jabar dan DPRD Kota Cimahi sebagai pusat penelitian untuk membuat indikator bagaimana menilai dan mengevaluasi DPRD se Indonesia, baik di tingkat Provinsi atau Kabupaten Kota.

Kasubdit Wilayah III Direktorat Fasilitasi Kepala Daerah dan DPRD Kementerian Dalam Negeri, Ramoth Sitompul mengatakan kegiatan itu dilakukan agar nanti bisa ditentukan mana DPRD percontohan yang bisa menjadi barometer DPRD se Indonesia.

“Untuk mendapatkan data dan informasi, kita langsung mendatangi kantor DPRD dan mewawancari beberapa anggota dewan. Ya, seperti hari ini kita mendatangan gedung DPRD Jabar dan gedung DPRD Kota Cimahi,” kata Ramoth, Selasa (10/7).

Adapun alasan dipilihanya DPRD Prov Jabar dan DPRD Kota Cimahi sebagai sampel dikarenakan keduanya termasuk lembaga perwakilan rakyat yang cukup matang dan mapan.

“Kita juga ambil sampel DPRD di luar pulau Jawa, seperti di Pulau Sumatera dan Pulau Kalimantan,” jelasnya.

Selain mendapatkan data dari proses wawancara, Kemendari juga akan melakukan kajian untuk mematangkan indikator yang akan dipergunakan.

“Nanti kita lihat mana point yang paling tinggi yang menjadi percontohan dan menjadi barometer bagi DPRD yang lain” paparnya.

Sementara itu Wakil Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BP Perda) R Yunanadar Eka Perwira mengapresiasi langkah yang telah dilakukan oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia guna memperoleh barometer kualitas lembaga DPRD.

“Saya melihat ini satu hal yang sangat positif karena memang sebaiknya DPRD pun seperti eksekutif ada satu ukuran yang standar bagaimana sesungguhnya DPRD yang baik atau anggota DPRD yang baik,” kata Yunandar usai mengikuti sesi wawancara dengan Direktorat Fasilitasi Kepala Daerah dan DPRD. (Ris)

Pages: 1 2

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)