Wednesday, 14 November 2018

Jelang Pileg dan Pilpres 2019, HNW: Umat Islam jangan golput

Jelang Pileg dan Pilpres 2019, HNW: Umat Islam jangan golput

Jakarta, Swamedium.com — Forum Komunikasi Rakyat Jakarta (FKRJ) bekerjasama dengan MPR-RI menggelar Sosialisasi 4 Pilar yang mengambil tema
“Pemimpin yang di cita-citakan Sesuai dengan Amanat UUD 1945”, di Aula Buya Hamka, Masjid Agung Al Azhar, Selasa (10/7) pagi.

Acara ini menghadirkan pembicara utama, Wakil Ketua MPR RI, DR.H. M.Hidayat Nur Wahid, MA. Selain itu, ada juga pembicara lainnya antara lain, Sekjen Forum Umat Islam KH Muhammad Al Khaththath, dan advokat, DR.Eggi Sujana,SH.MH serta DR.Abdul Chair Ramadhan.SH,MH.

Dalam penyampaiannya, Hidayat Nur Wahid (HNW) mengajak umat Islam untuk mencintai Al Quran, mencintai Islam, dan sekaligus mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Di hadapan 150 peserta yang terdiri dari orang tua, santri, guru, tokoh masyarakat, dan wisudawan itu, HNW mengatakan bahwa para pahlawan dan tokoh-tokoh umat Islam saat masa perjuangan kemerdekaan, merupakan orang yang sangat cinta NKRI. Maka menurutnya sangat mengherankan jika Umat Islam saat ini dianggap anti NKRI.

“Sebagai umat Islam, kita jangan menjadi anti negara sendiri. Karena NKRI ini hasil ijtihad dan warisan dari para ulama, pimpinan partai dan ormas Islam saat itu,” katanya.

Saat masa perjuangan pula, Ulama bernama Hasyim Asyari, juga pendiri Nahdlatul Ulama, mengeluarkan fatwa jihad untuk melawan penjajahan demi mempertahankan kemerdekaan.

“Saat itu, mempertahankan negara dikatakan hukumnya fardu ‘ain dan siapa pun yang meninggal dalam berjuang, berarti mati syahid,” katanya.

HNW menambahkan, saat Indonesia diambang perpecahan karena politik pecah belah kolonial, seorang ulama bernama Muhammad Natsir, mengeluarkan mosi integral. Mosi tersebut menurut HNW kemudian diterima oleh pemerintahan Sokarno-Hatta.

“Maka kemudian pada 17 Agustus 1950 diproklamirkanlah NKRI. Jadi yang mengembalikan NKRI tidak lain adalah seorang ulama,” katanya.

Pages: 1 2

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)