Saturday, 22 September 2018

Jelang Asian Games, IPW Minta Polri Tidak Kecolongan

Jelang Asian Games, IPW Minta Polri Tidak Kecolongan

Foto: Ketua Presidium Indonesia Police Watch Neta S Pane. (ist)

Jakarta, Swamedium.com — Permintaan Presiden Jokowi di Perayaan Hari Bhayangkara 2018 di Istora Senayan Jakarta bahwa Polri harus meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman terorisme, perlu disikapi jajaran kepolisian dengan serius.

“Apalagi pelaksanaan Asian Games tinggal lima pekan lagi. Jaminan keamanan harus benar benar diberikan Polri, terutama kepada atlet dan ofisial asing,” kata Ketua Presidium Indonesia Police Watch, Neta S Pane, di Jakarta, Rabu (11/7).

Neta mengatakan, pihaknya mengingatkan bahw pelaksanaan Asian Games akan melibatkan banyak warga negara asing, baik sebagai atlet maupun sebagai offisial. Polri diminta agar tidak boleh lengah dan ceroboh serta kecolongan.

“Ruang gerak para teroris harus dikunci rapat. Jika Polri lengah dan terjadi aksi teror dipastikan para peserta Asian Games akan ketakutan dan pulang ke negaranya masing masing dan Asian Games akan ditinggal pesertanya,” ujar Neta.

Karena itu, lanjut Neta, permintaan Presiden Jokowi adalah sebuah peringatan yang tidak bisa ditawar tawar dan Polri harus bekerja keras mengamankan even Asian Games dari ancaman teror.

Dari informasi yang diperoleh IPW pasca meledaknya bom di Pasuruan Jatim pada 5 Juli 2018, ada pergerakan jaringan teroris ke wilayah Jabodetabek dan Sumbagsel. Saat ini jajaran kepolisian sudah berhasil mengantisipasinya, dengan cara melakukan pembersihan.

Terbukti sepanjang 9 Juli 2018 dari pukul 09.30 hingga 21.00 WIB, kepolisian berhasil melakukan penggerebekan di lima lokasi, di Bekasi, Jakarta, dan Depok. Sebanyak 21 terduga teroris ditangkap. Bahkan di Kemayoran Jakpus, polisi menyita sejumlah amunisi, mortir, anak panah dll.

Sementara di Depok, polisi menangkap lima orang berasal dari Sukabumi dan Jateng. Dari kelompok Lukman ini polisi menyita sejumlah dokumen. Dari dokumen inilah polisi kemudian mencurigai bahwa kelompok Lukman hendak menebar sejumlah aksi teror di Jakarta.

Pages: 1 2

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)