Tuesday, 11 December 2018

Keluarga Zohri Tolak Bantuan Renovasi dari Jokowi

Keluarga Zohri Tolak Bantuan Renovasi dari Jokowi

Lombok, Swamedium.com — Keluarga Lalu Muhammad Zohri (20), yang baru meraih gelar juara dunia lari 100 meter putra U-20 di Finlandia, Rabu (11/7) menolak rumahnya direnovasi meski mendapat tawaran dari sejumlah pihak termasuk Presiden Joko Widodo. Mereka menilai rumah tersebut tak ternilai karena penuh kenangan dan sangat bersejarah.

Secara khusus, Jokowi menginstruksikan kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono untuk merenovasi rumah Zohri karena telah mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah internasional.

Kakak kandung Zohri, Lalu Ma’rib mengatakan, alasan keluarga menolak rumahnya direnovasi lantaran rumah tersebut banyak kenangan bersama keluarganya.

“Kami menolak rumah kami direnovasi karena sejarahnya yang tidak bisa dilupakan. Susah senang kami di rumah ini,” katanya, Jumat (13/7).

Menurut Ma’rib, jika pun direnovasi hanya beberapa tiang rumah yang sudah keropos dan dinding yang diganti. Namun, struktur bangunan tidak boleh direhab total.

“Kalau mau direnovasi ya paling ganti tiang-tiang rumah yang sudah keropos,” ucapnya.

Kakak Lalu lainnya, Fazilah, rumah yang berlokasi di Dusun Karang Pangsor, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara itu selalu ditinggali Lalu ketika kembail ke kampung halamannya.

“Kami sudah pernah mengajukan bantuan ke Kepala Desa dulu. Tapi, nama kami tidak pernah keluar,” ujarnya tentang kondisi rumah peninggalan kedua orang tuanya itu.

Selain tawaran renovasi rumah, bantuan kepada keluarga Zohri setelah memenangi kejuaraan lari internasional 100 meter juga datang dari berbagai kalangan, seperti TNI AD, perusahaan, serta berbagai oganisasi masyarakat berupa uang tunai.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono untuk merenovasi rumah Zohri yang meraih gelar juara dunia lari 100 meter putra U-20.

Pages: 1 2

Related posts

Comments on swamedium (2)

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (2)