Tuesday, 16 October 2018

Jokowi Akan Tenggelam Kalau TGB Sebagai Cawapres

Jokowi Akan Tenggelam Kalau TGB Sebagai Cawapres

Foto: Wartawan senior, Asyari Usman. (Facebook)

Oleh: Asyari Usman*

Jakarta, Swamedium.com — Konon, kabarnya, Dr Muhammad Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang (TGB) disebut-sebut sebagai favorit Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk calon wakil presiden (cawapres) 2019. Kalau akhirnya betul TGB diresmikan sebagai cawapres, hampir pasti #2019GantiPresiden. Para pendukung Prabowo Subianto cukup mendoakan agar TGB jadi didaftarkan sebagai cawapres.

Tidak ada kemungkinan lain; TGB akan menenggelamkan Jokowi. Sebab, asumsi bahwa TGB bisa mendulang suara umat Islam yang diperlukan Jokowi, sudah sirna ketika Tuan Guru terlalu dini memuji Jokowi dan kemudian secara resmi pindah ke kubu The Prince of Solo. Sebenarnya, asumsi ini tidaklah kuat.

Tetapi, meskipun asumsi itu tak kuat, tetap saja pantas disesalkan keteledoran TGB bermanuver terlalu cepat dan terlalu bersemangat merapat ke Jokowi. Karena, sekecil apa pun, tetap ada harapan Jokowi terpilih dan TGB duduk sebagai wapres. Sekarang, kemungkinan terbesar dan paling logis adalah bahwa ambisi ini akan kandas.

Entah sekanario siapa yang beliau ikuti, tiba-tiba saja TGB muncul dengan pernyataan terbuka yang berisi dukungan untuk Jokowi. Inilah kesalahan fatal TGB. Seharusnya beliau tidak melakukan manuver apa pun. Kalau TGB diam saja, bersabar, menahan diri, dan tidak kasak-kusuk, tidak memuji-muji Jokowi, malah peluang beliau mungkin ada.

Kalau saja TGB tenang menunggu langkah Jokowi mengumumkan pencawapresannya, permainan menjadi sangat elegan. Para pendukungnya, paling tidak sebagian kecil, akan setia pada TGB. Sebab, masih ada yang melihat Tuan Guru sebagaimana mereka terkagum-kagum sewaktu TGB menunjukkan kemuliaan hatinya ketika memaafkan pelaku “peristiwa tiko” di bandara Changi, Singapura, pertengahan April 2017.

Gara-gara peristiwa inilah, nama TGB melejit. Menjadi bahan pembicaraan di mana-mana. Menyedot empati dari segala penjuru. TGB menyatupadukan umat di seluruh pelosok tanah air. Terkagum dengan beliau. Mengindamkan beliau untuk, pada suatu hari kalak, menjadi pemimpin Indonesia.

Pages: 1 2

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)