Tuesday, 16 October 2018

Profil Lengkap Sandiaga Salahuddin Uno

Profil Lengkap Sandiaga Salahuddin Uno

Foto: Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahuddin Uno. (Bili/swamedium)

Jakarta, Swamedium.com — Sandiaga Salahuddin Uno lahir pada tanggal 28 Juni 1969 di Rumbai dari pasangan Rachmini Rachman dan Ir. Razif Halik Uno atau Henk Uno. Rachmini Rachman atau biasa dipanggil Mien Uno adalah lulusan IKIP Bandung. Dia berasal dari keluarga pendidik di Cirebon. Sementara Henk Uno adalah Insinyur lulusan dari ITB Bandung dan berasal dari keluarga relijius di Gorontalo Sulawesi. Sandi memiliki seorang saudara laki-laki, Indra Cahya Uno yang lahir dua tahun sebelum Sandi.

Rumbai adalah sebuah lokasi penambangan minyak di Riau, Sumatera. Saat itu Henk Uno bekerja di perusahaan minyak Amerika Caltex. Perumahan pegawai Caltex, biasa disebut Camp diisi oleh para pegawai lokal dan ekspatriat dari Amerika. Mengenang masa kecilnya Sandi pernah mengungkapkan, kalau mereka biasa mengundang para ekspatriat ketika mengadakan acara di rumahnya walaupun sebaliknya para ekspatriat sangat jarang mengundang pekerja lokal.

Sejak kelahiran kedua putra mereka, Henk dan Mien Uno bertekad untuk menjadikan anak-anak mereka sebagai generasi yang lebih baik. Henk meletakkan gagasan, Mien memastikan gagasan itu terinternalisasi setiap hari. Mien Uno menegakkan disiplin dengan cara yang keras di rumah. Hukuman fisik, sebagaimana kehidupan anak-anak pada masa itu, rutin diterima oleh Sandi. Tetapi didikan yang keras ini berhasil membangun karakter yang kuat bagi Sandi. Menghasilkan pribadi yang disiplin, tangguh dan tidak mudah untuk menyerah.

Dalam tahun-tahun pertama kesadaran hidupnya, Sandi tumbuh sebagai anak Sumatera. Tinggal di lingkungan pertambangan, di didik dengan disiplin yang keras serta tumbuh, belajar dan bermain bersama-sama anak Sumatera.

Hotel Indonesia

Henk Uno menjelaskan bahwa kepindahan mereka ke Jakarta dilatarbelakangi oleh keinginan Mien Uno untuk menekuni karir di dunia pendidikan. Hal ini wajar mengingat latar belakang pendidikan keguruannya dan kenyataan bahwa kedua puteranya sudah mulai tumbuh besar. Henk yang tidak ingin terpisah dengan keluarga, mencoba segala cara untuk bisa ikut pindah ke Jakarta termasuk diam-diam melamar ke perusahaan lain. Atasannya di Caltex akhirnya bisa mencarikan satu posisi di kantor Caltex Jakarta untuk Henk Uno.

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)