Saturday, 20 October 2018

Prabowo, Sebuah “Digital Spiritual Experience”

Prabowo, Sebuah “Digital Spiritual Experience”

Foto: Prabowo Subianto (Joko/asmc/swamedium)

Oleh: Hazmi Srondol*

Jakarta, Swamedium.com — “…Kamu tenang saja, saya akan menjadi Presiden ketika rakyat mencari saya…”

Saya tidak pernah lupa kalimat itu. Kalimat yang diucapkan saat menepuk pundak saya berulang kali ketika saya menangis terisak. Usai Prabowo meminta saya sabar dan mengingat bahwa keselamatan bangsa dan negara lebih penting dari semua itu (pilpres 2014 -red).

Saat itu, pertengahan oktober 2014 saya masih belum memahami. Hati saya begitu terluka dan kecewa. Bukan hanya karena perhitungan hasil akhir Pilpres 2014 yang aneh dan mengejutkan, namun lebih karena saya mendapat kabar bahwa Prabowo memberikan sikap hormat militer lebih dahulu kepada Jokowi saat ia datang ke rumah Kertanegara. Padahal saat itu belum dilantik menjadi Presiden. Waktu itu, saya merasa—belum waktunya.

Hari berlalu, tahun berganti. Akhirnya ada satu kejadian, yang kalau boleh sedikit lebay saya menyebutnya “digital spiritual experience”. Sebuah pengalaman spiritual di dunia digital yang menyadarkan saya bahwa kalimat Prabowo diatas adalah benar.

Saya yang mempunyai dasar pendidikan dan profesi di bidang telekomunikasi, internet marketing dan kepenulisan sering berdiskusi dengan rekan-rekan dengan dasar dan keminatan yang sama. Kami sering sedih, apalagi melihat agresifnya petahana yang ketika usai dilantik begitu menggebu melakukan aksi untuk penguasaan trend dan hasil pencarian di situs-situs pencarian data/berita seperti Google, Yahoo bahkan sistem pencarian di social media seperti facebook, IG dan twitter lewat media-media besar yang dikuasainya.

Beragam alat ukur dengan berbagai parameter pun kami gunakan untuk memantau semua pergerakan digital ini. Dari volume query trend, LSI sugestion, social media signal, hingga new keyword natural pun sudah kita pasang tinggi-tinggi “antena” nya agar bisa mendapat informasi big data di internet secara maksimal. Volume, variaty dan velocity semua berita dan informasi petahana kita monitor tiada henti. Bergantian jadwal tentunya dengan kawan-kawan seperjuangan.

Pages: 1 2 3 4

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)