Wednesday, 21 November 2018

Kekejaman RRC Terhadap Umat Islam Uighur

Kekejaman RRC Terhadap Umat Islam Uighur

Foto: Asyari Usman. (FB)

Oleh: Asyari Usman*

Jakarta, Swamedium.com — Mari sebentar kita tujukan perhatian terhadap nasib kaum muslimin Uigur yang diperlakukan dengan sangat kejam oleh pemerintah komunis RRC. Selain perlu untuk kita ketahui, tindakan bengis Cina ini seharusnyalah membuat kita di Indonesia ini ikut prihatin dan sekaligus waspada. Waspada terhadap tujuan terselubung ekspansi ekonomi-bisnis RRC.

Mungkinkah para pejabat dan politisi di Indonesia ini tidak tahu tentang kekejaman pemerintah RRC terhadap umat Islam di negara itu? Bisa jadi tidak tahu. Tapi mungkin juga pura-pura tak tahu. Atau, tak mau tahu. Karena, barangkali, RRC banyak membawa duit ke sini. Jadi, tidak begitu penting perlakuan kejam rezim Beijing terhadap kaum muslimin yang menghuni Provinsi Xinjiang.

Ini bukan cerita hoax. Melainkan laporan resmi komisi hak asasi manusia PBB yang diterbitkan Agustus 2018. Baru saja.

Ada sekitar dua juta warga muslim Uigur dan minoritas Islam lainnya dipaksa masuk ke kamp konsentrasi politik. Semacam penjara massal. Yang dilakukan oleh penguasa adalah indoktrinasi. Begitulah penjelasan Gay McDougall yang duduk di Komite Penghapusan Diskriminasi Ras PBB (UN Committee on the Elimination of Racial Discrimination).

Penduduk suku Uigur di Xinjiang ada sekitar 10 juta. Jadi, sekitar 10% dipaksa mengikuti indoktrinasi komunis.

Apa kesalahan yang dilakukan kaum muslimin Uigur? Dosa mereka hanya satu: yaitu mempraktikkan keyakinan atau iman Islam. Bagi rezim fasis Cina, agama Islam mereka kaitkan dengan gerakan subversif, separatisme, dan terorisme.

Ketika datang berkunjung ke Indonesia ini, para pejabat tinggi Cina kelihatan beraut wajah manis, tersenyum, dan tampak baik hati. Tetapi, Anda tidak tahu bagaimana bengisnya mereka terhadap kaum muslimin Uigur. Media cetak terhormat seperti New York Times, the Atlantic dan the Intercept ikut tersulut. Mereka menebitkan sejumlah artikel tentang bagaimana rezim RRC menganggap Islam.

Pages: 1 2 3 4

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)