Friday, 16 November 2018

Pengamat Ungkap Hacker Rusia Incar Pilpres di Indonesia

Pengamat Ungkap Hacker Rusia Incar Pilpres di Indonesia

Jakarta, Swamedium.com — Hacker atau peretas dari Rusia disebut telah berada di Indonesia, tepatnya setelah pengusungan Capres-Cawapres dimulai.

Hal itu diungkapkan Pengamat Intelejen Nuruddin Lazuardi. Ia menuturkan, peretas tersebut sudah bertemu dengan beberapa petinggi partai politik din Indonesia.

Peretas yang dimaksud Nuruddin adalah ‘Think-Tank’ yang juga berperan dalam pilpres Amerika Serikat 2016 lalu.

Tak hanya di Amerika, mereka juga disebut telah terlibat dalam 8 pilpres di 8 negara.

“Iya saya sudah tahu soal itu. Ada pembicaraan antara mereka dengan beberapa politisi. Tim ini sudah ada sejak lama dan itu hal yang biasa saja,” kata Nuruddin, Senin (24/9) lalu.

Namun, Nuruddin mengaku masih belum tahu apakah dalam pembicaraan tersebut agen Rusia ini mengatasnamakan pemerintah Rusia atau bergerak membawa institusi perusahaan.

“Nah yang itu saya belum tahu. Apa mereka atas nama pemerintah Rusia atau murni bisnis, saya tidak paham,” ujarnya.

Nuruddin menjelaskan, dalam teknisnya, para peretas dari Rusia ini akan lebih banyak bermain di media sosial, sama halnya saat kampanye Trump di Amerika Serikat. Mereka, akan bermain di algoritma media sosial.

“Mereka akan mengandalkan teknologi yang dimiliki untuk pilpres 2019 ini. Mereka main di Facebook dan Twitter khususnya. Kalau Instagram saya pikir tidak,” jelas dia.

Nuruddin menjelaskan, agen tersebut akan ‘memotong’ algoritma di jejaring Facebook dan Twitter yang mengunggah konten tidak menyenangkan bagi pasangan calon yang mereka bela.

Kemudian, mereka juga akan memviralkan pasangan calon yang dibela di semua media sosial. Ketika sudah viral, maka konten tersebut akan diangkat menjadi pemberitaan oleh media arus utama.

“Mainnya di viral. Kalau ada konten yang menyudutkan, biasanya oleh mereka di “cut” langsung. Kalau sudah viral, nanti kan jadi berita juga di media mainstream,” urainya.

Pages: 1 2

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)