Wednesday, 20 February 2019

Fenomena Kiai NU di Jatim, Dulu Dukung Jokowi Sekarang Prabowo

Fenomena Kiai NU di Jatim, Dulu Dukung Jokowi Sekarang Prabowo

Surabaya, Swamedium.com – Tak sepenuhnya kiai Nahdlatul Ulama (NU) mendukung pasangan Joko Widodo-Maruf Amin. Ya, tidak sedikit kiai yang dulunya pendukung Jokowi kini berpindah ke kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

“Tentu tidak semua kiai mendukung Pak Jokowi, tidak semua juga mendukung Prabowo. Saya kira itu hal biasa,” kata Sekretaris Tim Kampanye Daerah Jatim pasangan Jokowi-Maruf, Otman Ralibi seperti dilansir Kantor Berita RMOLJatim, Selasa, (6/11) kemarin.

Seperti diketahui, pertukaran posisi politik kiai NU di Jatim benar-benar terjadi. Salah satu contoh KH Hasib Chasbullah Wahab, putra pendiri NU, KH. Wahab Chasbullah ini secara tegas siap memenangkan pasangan Prabowo-Sandi.

Padahal pada Pilpres lalu, Gus Hasib, biasa disapa, merupakan kiai yang paling getol mengkampanyekan Jokowi yang berpasangan dengan Jusuf Kalla.

Sementara di kubu Jokowi-Maruf, sudah ada sebagian Kiai NU, mendukung pasangan Capres-cawapres nomor urut 01 itu. Yang cukup menarik, para kiai tersebut merupakan pendukung Prabowo-Hatta saat Pilpres 2014 silam. Seperti, KH. Anwar Iskandar, pengasuh Ponpes Al Amin, Kediri.

Sumber: RMOL

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)