Friday, 16 November 2018

Pemilih Indonesia Tidak Terpengaruh Media Mainstream

Pemilih Indonesia Tidak Terpengaruh Media Mainstream

Oleh: Ruslan ismail Mega*

Jakarta, Swamedium.com – Dalam sejarah politik dunia, pers termasuk salah satu alat paling ampuh dalam membentuk opini publik. Begitu ampuhnya, sampai seorang Napoleon berkata “saya lebih memilih berhadapan dengan ribuan tentara musuh dibanding harus berhadapan dengan satu orang wartawan”. Begitu dahsyat kekuatan senjata pena seorang wartawan yang mampu menggerakkan senjata utama yaitu “rakyat”. Karena itu, seorang politisi jika ingin bertahta di puncak kekuasaan harus bersahabat dengan wartawan.

Hal ini mendapat justivikasi dari sebuah riset yang pernah dilakukan James Reston, seorang wartawan Amerika Serikat terkemuka tentang hubungan presiden-presiden Amerika Serikat dengn pers. Dalam penelitiannya disebutkan hampir semua presiden sampai ke puncak kekuasaan dengan bantuan pemberitaan media.

Untuk melihat lebih jauh bagaimana pengaruh media dalam pemilihan presiden di Amerika Serikat, proses pencalonan diri Jimmy Carter menarik untuk dikedepankan.

Setelah kekalahan Jimmy Carter pada Pemilu Presiden pertama yang dikuti karena publik Amerika Serikat hanya mengenalnya sebagai seorang petani kacang, bukan politisi, maka untuk ikut bertarung lagi tim suksesnya mengusulkan membeli sebuah media sebagai alat untuk mempopulerkan dirinya. Terbukti setelah itu, jajak pendapat yang dilakukan terhadap pemilih di Amerika Serikat menempatkan dirinya sebagai salah satu kandidat presiden yang layak memimpin negara super power itu. Fakta pun kemudian membuktikan Jemmy Carter akhirnya menjadi presiden Amerika Serikat.

Lalu bagaimana dengan Pemilihan Presiden di Indonesia? Bisa jadi kubu Petahana Jokowi terinspirasi dari riset James Reston yang menyimpulkan hampir semua presiden sampai ke puncak kekuasaan dengan bantuan pemberitaan pers. Jadi tidak salah kalau beberapa jaringan media besar di Indonesia dirangkul oleh kubu Petahana menuju Pemilu 2019.

Pages: 1 2 3

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)