Sunday, 16 December 2018

Transaksi Turis di Bali, WeChat Pay Cina Untung, Bali Buntung

Transaksi Turis di Bali, WeChat Pay Cina Untung, Bali Buntung

Denpasar, Swamedium.com – Banjir turis Cina memicu banyak transaksi keuangan dengan WeChat Pay. Padahal, aplikasi ini belum memiliki izin operasi di Indonesia.

Setiap sore Centro Mall di Jalan Kartika Plaza, Kuta, riuh oleh orang-orang belanja. Begitu pula pada Rabu pekan lalu. Kompleks belanja milik Artha Graha Group ini memang berada di jantung pariwisata Bali, persis di pinggir Pantai Kuta.

Turis-turis berwajah Tiongkok mendominasi toko-toko di mal empat lantai ini. Mereka memenuhi kafe, toko suvenir, toko pakaian, atau toko serba ada (toserba) di Centro Mall, termasuk Coco Mart, toserba milik jaringan lokal Coco Group.

Selesai belanja, turis-turis itu membayar dalam aneka mata uang. Ada dolar, rupiah, dan yuan. Cara membayarnya pun beda-beda. Ada yang tunai, ada yang secara elektronik, terutama dengan aplikasi WeChat Pay, fitur pembayaran yang ditanam pada aplikasi pesan instan buatan Tencent Holdings tersebut.

Coco Group termasuk salah satu jaringan toko di Bali yang sigap mengantisipasi maraknya turis dari Cina ke Bali. Setelah melihat banyak turis Cina berbelanja di toserba mereka, pada Agustus 2018, mereka mencoba menggunakan aplikasi WeChat Pay sebagai cara pembayaran.

Lokasi pertama yang mereka pilih adalah Coco Mart di Mumbul, Jimbaran. Toserba ini berada persis di pinggir jalan raya penghubung Jimbaran dan Nusa Dua. Hanya dalam seminggu, salah satu toko terbesar milik Coco Group ini sudah melakukan transaksi sebesar Rp50 juta menggunakan WeChat Pay.

Melihat keberhasilan itu, Coco Group memperluas ke supermarket dan toserbanya. Hingga kini ada lebih dari 20 lokasi usaha mereka yang menggunakan aplikasi WeChat Pay.

“Semuanya di lokasi utama pariwisata, seperti Ubud, Seminyak, dan Nusa Dua,” kata Ayu Sahari Dewi, Manajer Departemen Pelatihan Coco Mart. Departemen ini termasuk bertanggung jawab dalam pelaksanaan transaksi dengan kartu kredit dan aplikasi pembayaran lain seperti WeChat Pay.

Pages: 1 2 3 4 5

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)