Thursday, 24 January 2019

Analisis Sosiologis: Prabowo-Sandi akan Memenangi Pemilihan Presiden 2019

Analisis Sosiologis: Prabowo-Sandi akan Memenangi Pemilihan Presiden 2019

Oleh: Musni Umar, Ph.D.*

Jakarta, Swamedium.com — Sejak pemilihan Presiden RI secara langsung pada tahun 2004, sebagai sosiolog saya telah mengamati dan mengalisis Pemilu Presiden dengan mewawancarai banyak orang untuk mengetahui siapa yang akan dipilih rakyat dalam Pemilu Presiden RI sebelum Pemilu dilaksanakan.

Begitu juga, saya aktif mengamati dan menganalisis Pemilihan Gubernur DKI, karena Jakarta sebagai ibukota negara adalah barometer nasional dalam segala hal termasuk dalam bidang politik.

Alhamdulillah semua pengamatan dan analisis saya sebagai sosiolog tidak pernah meleset – selalu tepat dan benar.

Pada Pemilu Presiden RI pertama secara langsung tahun 2004, bertarung lima pasang calon, yaitu Megawati Sukarno-Hasyim Muzadi, Susilo Bambang Yudhoyono-Jusuf Kalla, M. Amien Rais-Siswono Yudohusodo, Hamzah Haz-Agum Gumilar, Wiranto-Salahuddin Wahid.

Pada saat itu saya mewawancarai banyak orang dan jauh sebelum hari H saya sudah mengatakan kepada banyak pihak bahwa SBY-JK akan memenangi Pemilu Presiden RI.

Begitu pula dalam Pemilu Presiden RI 2009 bertarung tiga pasangan calon Presiden yaitu Susilo Bambang Yudhoyono-Budiono, Megawati Sukarno Putri-Prabowo Subianto, dan Jusuf Kalla-Wiranto. Saya juga melakukan hal yang sama dan memastikan jauh sebelum hari H., SBY-Budiono akan memenangi Pemilu Presiden RI 2009.

Pada Pemilu Presiden RI tahun 2014 bertarung pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa melawan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Saya juga melakukan wawancara dengan banyak orang dan bahkan saya menulis buku “Jokowi Satrio Piningit Indonesia” yang diluncurkan di Megawati Center Jalan Proklamasi Jakarta. Pengamatan dan analisis sosiologis saya menjadi kenyataan, Jokowi-JK terpilih menjadi Presiden-Wakil Presiden RI periode 2014-2019.

Prabowo-Sandi 2019

Tanpa bermaksud mendahului Pemilu 17 April 2019 dan keputusan KPU tentang hasil Pemilu, sebagai sosiolog dan akademisi yang memegang nilai-nilai kejujuran, kebenaran dan keadilan, saya sampaikan bahwa berdasarkan hasil wawancara saya dengan banyak orang sejak dimulai kampanye 23 September dan terakhir 30 Desember 2018 saat saya jalan kaki di Car Free Day Jalan Jenderal Sudirman-Jalan MH. Thamrin Jakarta, serta hasil pengamatan dan analisis sosiologis saya sebagai Sosiolog, dengan ini saya kemukakan bahwa Pemilu Presiden 2019 akan dimenangi Prabowo-Sandi.

Pages: 1 2 3

Related posts

Comments on swamedium (1)

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (1)