Monday, 18 February 2019

Mengajak Generasi Muda Mengenal Buya Hamka

Mengajak Generasi Muda Mengenal Buya Hamka

Jakarta, Swamedium.com — Di awal tahun 2019, Sekolah Pemikiran Islam (SPI) menggelar rangkaian kegiatan 111 Tahun Buya Hamka, dengan tema “Berbagi Cerita Tentang Sang Ayah Bangsa”. Rangkaian kegiatan ini terdiri dari tiga kajian lepas di bulan Januari, pameran dan seminar dua hari di bulan Februari, diakhiri dengan daurah di bulan Maret.

Gebrakan ini nampaknya telah berhasil menarik perhatian banyak pemuda yang sebelumnya tidak mengenal Hamka secara mendalam. Menurut panitia, memang golongan pemudalah yang menjadi sasaran kegiatan ini.

“Kegiatan ini memang bukan dimaksudkan untuk nostalgia, jadi yang kita harapkan kehadirannya memang anak-anak muda. Saat Buya Hamka wafat, mereka belum lahir. Saya juga begitu. Sekaranglah saatnya memperkenalkan kembali sosok Buya Hamka kepada generasi muda,” ujar Muhammad Fahim Ilmi, sang Ketua Panitia.

Strategi publikasi pun disesuaikan dengan target tersebut. Semua publikasi kegiatan difokuskan pada media sosial, yaitu melalui kanal Facebook, Twitter dan terutama Instagram.

“Hasilnya cukup efektif. Memang media sosial sekarang ini jauh lebih fleksibel, dan semua anak muda menggunakannya,” ujar Fahim lagi.

Banyak anak muda yang mengaku terkejut mendengar banyaknya pencapaian yang telah dibuat oleh Buya Hamka sebagaimana dipaparkan dalam dua kajian pertama di bulan Januari ini. Nurshabrina Salim, salah seorang panitia, juga mengungkapkan kekagumannya melalui akun Instagram pribadinya.

“Beliau adalah ulama terhormat, sastrawan hebat, politisi cerdas dan bijak. Betul, saya sangat mengagumi beliau sejak tahu sejarah perjuangannya dan karya-karyanya yang luar biasa. Sosok Buya Hamka sangat kami rindukan hari ini,” tulis gadis yang kerap disapa dengan nama Bina ini di akun medsosnya itu.

Pada tanggal 12 Januari 2019, SPI telah menggelar kajian dengan tema “Buya Hamka dalam Horison Sastra Indonesia: Peran, Pengaruh dan Sumbangsihnya”, menghadirkan Zaki Faturrahman dan Taufik Ismail sebagai pembicaranya. Pekan berikutnya, 20 Januari, digelar pula kajian bertemakan “Napak Tilas Keteladanan Politik Buya Hamka”. Jum’at, 25 Januari, sedianya akan digelar kajian “Menjejak Warisan Ilmu Sang Ayah Bangsa” di AQL Islamic Center bersama Ust. Bachtiar Nasir.

Pages: 1 2

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)