Saturday, 20 April 2019

Mimpi Joko dan Paradoks Tol Trans Jawa yang Mahal

Mimpi Joko dan Paradoks Tol Trans Jawa yang Mahal

Jakarta, Swamedium.com — Jalan tol merupakan salah satu infrastruktur unggulan di era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Salah satu di antaranya adalah Jalan Tol Trans Jawa yang belakangan menuai protes lantaran dianggap terlalu mahal.

Diresmikan Jokowi pada 20 Desember 2018, Jalan Tol Trans Jawa mulai dibuka untuk umum sehari berselang. Melalui akun Twitternya, Jokowi melontarkan kata-kata penuh mimpi dan harapan kepada para pengikutnya.

“Dari Jakarta, Semarang, sampai Surabaya, ada pilihan rute liburan. Selain jalan biasa, ada jalan Tol Trans Jawa sambung menyambung 760 km. Jalanya mulus, pemandangannya indah: gunung, sawah, desa-desa, simpang susun, jembatan, kuliner lokal di rest area. Selamat berlibur.”

Suguhan bagi pelancong tidak sampai di sana. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memberikan mimpi tambahan saat menghadiri Indonesia Development & Bussines Summit New Construction Opportunity 2019 Beyond Infrastructures di Hotel Indonesia, Kempinski, Jakarta Selatan.

Ditemui di sela acara oleh wartawan CNBC Indonesia, Basuki memberi kabar bahwa pembangunan Tol Trans Jawa sisi selatan akan terkoneksi dengan Bandara New Yogyakarta Internasional Ariport (NYIA) di Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

“Nanti dari Tasikmalaya ke Cilacap terus masuk Kulonprogo. Dari airport itu masuk ke Yogyakarta-Solo,” kata Basuki. Keputusan Basuki tidak lepas dari upaya pemerataan pertumbuhan ekonomi daerah.

Namun, sejak Jalan Tol Trans Jawa yang mulai berlaku penuh sejak 21 Januari 2019, ternyata banyak keluhan. Yang utama adalah keluhan seputar tarif Tol Trans Jawa yang begitu mahal.

DPP Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) menuding tarif Jalan Tol Trans Jawa terlalu mahal. Wakil Ketua Umum DPP Aptrindo Kyatmaja Lookman bercerita pada CNBC Indonesia soal perjalanan angkutan barang Jakarta-Surabaya dengan gundah.

Pages: 1 2 3

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)