Tuesday, 19 March 2019

[Breaking] Fakta-fakta Penembakan di Masjid Christchurch Selandia Baru

[Breaking] Fakta-fakta Penembakan di Masjid Christchurch Selandia Baru

Christchurch, Swamedium.com – Dua insiden penembakan terjadi di Masjid Al Noor dan Masjid Lindwood yang berlokasi di kota Christchurch, Selandia Baru, pada Jumat siang (15/3). Penembakan dilakukan ketika warga Muslim setempat sedang melaksanakan ibadah salat Jumat di dalam masjid.

Polisi belum mengategorikan penembakan ini sebagai aksi terorisme

[BREAKING] Penembakan di Masjid Christchurch: Apa Saja Info Sejauh IniANTARA FOTO/REUTERS/SNPA/Martin Hunter

Belum ada pernyataan resmi dari kepolisian mengenai berapa jumlah korban tewas maupun terluka. Mike Bush selaku Kepala Kepolisian Selandia Baru sendiri juga enggan menyebut penembakan di dua masjid pada waktu ibadah salat Jumat sebagai aksi terorisme.

Melalui Twitter, pihak berwenang menginformasikan “menganggap insiden ini masih berlangsung” dan menolak mendiskusikan soal “motivasi para pelaku atau penyebab insiden ini terjadi”. Bush juga mengatakan anggotanya menemukan sejumlah alat peledak di dalam kendaraan yang diamankan sebelum penembakan terjadi.

Kementerian Luar Negeri Indonesia merilis pernyataan resmi

[BREAKING] Penembakan di Masjid Christchurch: Apa Saja Info Sejauh IniANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

Dalam rilis resmi yang diterima IDN Times, kementerian mengatakan pemerintah Indonesia “mengecam keras” aksi penembakan di Christchurch, Selandia Baru, yang terjadi pada hari Jumat, 15 Maret 2019, pukul 13:40 waktu setempat.

“Pemerintah dan rakyat Indonesia menyampaikan duka cita mendalam kepada korban dan keluarga korban,” lanjut pihak kementerian. Indonesia juga berupaya berkoordinasi dengan otoritas setempat untuk memantau situasi, termasuk dengan menerbangkan Duta Besar Tantowi Yahya dari Wellington ke Christchurch.

Hingga saat ini tidak ada informasi mengenai WNI yang menjadi korban dalam insiden tersebut. Terdapat 331 WNI di Christchurch, termasuk 134 mahasiswa. Jarak Wellington ke Christchurch adalah 440 km. Pemerintah mengimbau agar WNI di Selandia Baru untuk tetap waspada dan berhati-hati.

Bagi keluarga dan kerabat yang membutuhkan informasi lebih lanjut dan bantuan konsuler, dapat menghubungi hotline KBRI Wellington, +64211950980 dan +64 22 3812 065.

Pages: 1 2 3

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)