Saturday, 20 April 2019

LIPI: Terjadi migrasi suara pemilih dalam pilpres

LIPI: Terjadi migrasi suara pemilih dalam pilpres

LIPI ungkap fenomena migrasi suara pemilih jelang Pilpres 2019

Jakarta, Swamedium.com — Elektabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf dinilai mengalami tren penurunan dalam enam bulan terakhir. Hal sebaliknya, pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo-Sandi terus meningkat.

Kepala Pusat Penelitian Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Firman Noor menilai hal itu disebabkan oleh fenomena migrasi pemilih, baik dari pendukung Jokowi yang mengubah dukungan mereka, atau para undecided voters (pemilih yang belum menentukan pilihan) dan swing voters yang telah memantapkan pilihan mereka pada paslon 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

“Adanya pola migrasi preferensi di enam bulan terakhir, dengan salah satu kesimpulannya adalah tren keterpilihan Jokowi-Ma’aruf yang menurun dan sebaliknya tren dukungan terhadap Prabowo-Sandi yang meningkat,” kata Firman dalam diskusi politik ‘Migrasi Suara Pilres 2019: Hasil Survei VS. Realita’ di Jakarta, Ahad (24/3/2019).

Firman memaparkan penurunan elektabilitas paslon 01 bisa terjadi karena beberapa faktor. Faktor pertama adalah ketidakpuasan terhadap kinerja presiden sekarang.

Menurut Firman, persoalan kesejahteraan seperti daya beli masyarakat dan ketersediaan pekerjaan menjadi hal yang berpotensi memicu perubahan pilihan pada pemilih untuk tak lagi mendukung petahana.

Faktor kedua, kata Firman, yakni perubahan citra sosok Prabowo dinilai cukup berpengaruh meningkatkan elektabilitas paslon 02. Menurutnya, belakangan Prabowo mencoba mengubah citranya yang semula terkesan keras dan ‘macho-militeristik’ menjadi lebih humanis dan luwes dalam beberapa kesempatan.

Sementara itu, keberadaan Sandi yang mencerminkan tokoh pemuda santun, bersahaja, gaul, dan sukses dinilai Firman bisa melengkapi citra positif Prabowo.

“Dalam satu kesempatan Prabowo bahkan mau berjoget di mana sejauh ini kita tidak pernah melihat sosok beliau yang seperti itu. Jika saat ini terdapat pergeseran positif bagi paslon 02, sesungguhnya ini mengindikasikan meningkatnya citra positif pasangan tersebut di mata masyarakat,” kata Firman.

Pages: 1 2

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)