Jumat, 02 Oktober 2020

Pemerintah Bakal Kembangkan Lagi Wisata Halal di 10 Provinsi

Pemerintah Bakal Kembangkan Lagi Wisata Halal di 10 Provinsi

Jakarta, swamedium.com – Indonesia diciptakan memiliki tempat-tempat yang indah untuk dikunjungi. Diantara tempat wisata itu, terdapat sejumlah lokasi yang sudah menjadi destinasi wisata halal.

Pariwisata Halal adalah bagian dari industri pariwisata yang ditujukan untuk wisatawan muslim. Pelayanan wisatawan dalam Pariwisata Halal merujuk pada aturan-aturan Islam. Salah satu bentuk dari pelayanan Wisata Halal adalah hotel yang tidak menyediakan makanan dan minuman yang mengandung alkohol, memiliki kolam renang serta fasilitas spa yang terpisah untuk pria dan wanita.

Selain hotel, transportasi dalam industri pariwisata halal juga memakai konsep Islami. Penyedia jasa transportasi wajib memberikan kemudahan bagi wisatawan muslim dalam pelaksanaan ibadah selama perjalanan.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengungkapkan indonesia memiliki potensi pariwisata halal yang tinggi, sayangnya selama ini tidak dimanfaatkan dengan maksimal.

“Kita sangat kaya potensi wisata halal dan ini semata-mata lifestyle atau bisnis. Jadi konyol sekali kalau ada pengusaha yang tidak garap potensi yang sedemikian besarnya,” katanya di Jakarta, akhir Desember tahun lalu.

Menurut Menpar, setelah tiga provinsi yang telah ditetapkan dengan positioning fokus ke wisata halal yakni Nusa Tenggara Barat, Aceh dan Sumatera Barat. Berikutnya, secara bertahap Kemenpar akan mengembangkan wisata halal di 10 destinasi lainnya yakni Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Riau dan Kepulauan Riau, Jawa Tengah. (*)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.