Wednesday, 23 October 2019

Kelompok Syiah Serang Fregat Koalisi Arab Saudi

Kelompok Syiah Serang Fregat Koalisi Arab Saudi

Riyadh, swamedium.com — Tiga perahu kelompok syiah Hutsi menyerang sebuah fregat koalisi pimpinan Arab Saudi pada Senin (30/1).

Menurut koalisi pimpinan Arab Saudi penentang rezim syiah Yaman seperti yang dilansir oleh SPA, fregat itu sedang berpatroli di sebelah barat Pelabuhan Hudaydah, Yaman. Serangan itu menewaskan dua anak buah kapal dan melukai tiga orang yang lainnya.

Sebuah perahu menabrak bagian belakang fregat, sehingga meledakkan perahu penabrak dan menyebabkan kebakaran di bagian belakang fregat. Anak buah kapal berhasil memadamkan api. Mereka berada dalam kondisi stabil, kecuali dua korban syahid dan tiga korban luka.

Fregat itu tetap melanjutkan tugas patrolinya. Sementara itu, kapal-kapal koalisi yang lain mengejar perahu-perahu yang melarikan diri.

Kelompok Hutsi yang bersekutu dengan Iran mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut. Serangan itu merupakan penyerangan ketiga oleh armada laut di pantai Yaman dalam enam bulan terakhir.

Serangan itu dapat memengaruhi navigasi internasional dan aliran bantuan kemanusiaan bagi warga Yaman ke pelabuhan menurut pernyataan dari koalisi pimpinan Arab Saudi.

Koalisi Arab Saudi dan negara-negara teluk sedang berusaha memulihkan pemerintahan Presiden Abdrabbuh Mansur Hadi yang terusir karena kudeta oleh kelompok syiah Hutsi di Yaman. (ais)

Keterangan ilustrasi: Lokasi penyerangan terhadap fregat koalisi pimpinan Arab Saudi di sebelah barat Pelabuhan Hudaydah, Yaman, ditandai dengan lingkaran merah. (Sumber gambar: Wikipedia/NordNordWest)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.