Selasa, 29 September 2020

PM Jepang Bertemu CEO Toyota Minggu Ini

PM Jepang Bertemu CEO Toyota Minggu Ini

Tokyo, swamedium.com – Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe berencana untuk bertemu Chief Executive Officer (CEO) Toyota Motor Corporation pekan ini,sebagaimana dilaporkan Reuters. Dikabarkan pertemuan ini akan membahas adanya tekanan Amerika Serikat kepada Jepang sejak Presiden baru AS, Donald Trump, menjabat.

Sementara itu Kantor Berita Kyodo mengatakan pertemuan tersebut akan membahas isu-isu perdagangan mobil seperti yang sudah dijadwalkan bahwa Abe akan bertemu dengan Trump pada 10 Februari 2017.

Dalam panggilan telepon dengan Abe pada Sabtu (28/01), Trump menegaskan akan menciptakan lapangan kerja di Amerika Serikat dan meminta industri otomotif Jepang berkontribusi agar tenaga kerja di AS dapat diberdayakan, demikian harian bisnis setempat, Nikkei melaporkan.

Juru bicara senior Pemerintah Jepang, Koichi Hagiuda mengatakan,”Gedung Putih telah mengeluarkan pernyataan bahwa kedua pemimpin negara tersebut berkomitmen untuk memperdalam perdagangan dan investasi bilateral”.

Sementara Abe membuka pintu untuk membahas Perjanjian Perdagangan Bebas (FTA) dengan Amerika Serikat tetapi beberapa pejabat setempat justru khawatir Jepang akan mendapat tekanan kuat dari Washington. Pembicaraan bilateral di sektor-sektor tertentu seperti otomotif, bagaimanapun, adalah sebuah pilihan, kata para pejabat.

Trump, yang pekan lalu memutus kerjasama multilateral Trans-Pacific Partnership yang digagas pendahulunya Barack Obama dan gagasan ini disukai Abe, juga telah menyerang pasar mobil Jepang karena menerapkan tarif diskriminatif terhadap produk impor dari AS. (*)

Foto: istimewa

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.