Thursday, 17 October 2019

Eksploitasi Alam Indonesia Memprihatinkan

Eksploitasi Alam Indonesia Memprihatinkan

Jakarta, Swamedium.com – Pengelolaan pariwisata yang berlebihan bertumpu pada eksploitasi alam seharusnya menyadarkan pemerintah bahwa sesungguhnya eksploitasi sumber daya budaya memberikan dampak dengan daya rusak besar terutama terhadap pembentukan karakter dibandingkan dengan eksploitasi sumber daya alam.

Budaya sebuah daerah akan berubah manakala budaya mereka, dinilai dengan uang, datang dengan menawarkan kemewahan pola hidup, dengan uang kita bahagia. akhirnya kepribadian budaya mereka akan berubah dan akan terwariskan oleh generasi-generasi yang gemar mengekspolitasi sumber daya alam mereka sendiri.

Hutan merupakan ekosistem kompleks yang berpengaruh pada hampir setiap spesies yang ada di bumi. Pada saat hutan tergradasi, maka akan dapat menyebabkan berbagai macam bencana, baik itu lokal maupun di seluruh dunia.  Kerusakan hutan atau deforestasi terjadi hampir diseluruh dunia, dimana kerusakan tersebut sebagian besar disebabkan oleh aktivitas manusia. Menurut Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO), hampir 7,3 juta hektar hutan diseluruh dunia hilang setiap tahunnya.

Pemicu terbesar kegiatan deforestasi hutan adalah kegiatan industri, terutama industri kayu. Faktor lainnya adalah karena adanya alih fungsi hutan menjadi lahan perkebunan atau bisa juga dijadikan sebagai ahan pemukiman bagi warga. Metode yang umum digunakan dalam kegiatan deforestasi antara lain adalah dengan membakar hutan atau dengan cara menebang pohon-pohonnya secara liar. Praktek tersebut akan dapat mengakibatkan tanah menjadi tandus, yang nantinya akan dapat menimbulkan berbagai macam bencana alam seperti banjir dan tanah longsor.

Beberapa bentuk kerusakan hutan Ilegal logging, yaitu penebangan yang terjadi di suatu kawasan hutan yang dilakukan secara liar sehingga menurunkan atau mengubah fungsi awal hutan.

Kebakaran hutan, kebanyakan dari peristiwa kebakaran hutan terjadi karena faktor kesengajaan.

Pages: 1 2 3

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.