Selasa, 22 September 2020

Inikah Cara Jitu Berhenti Merokok?

Inikah Cara Jitu Berhenti Merokok?

 

Jakarta, Swamedium.com – Sebut saja, Tuan A, usia 50 tahun. Dia mengeluh nyeri dada yang sangat khas untuk serangan jantung, pemeriksaan pendukung juga menunjukkan demikian. Setelah mendapat perawatan di ICU beberapa hari, pasien membaik. Kemudian, di rumah sakit rujukan khusus jantung, pasien kemudian menjalani operasi bypass.

Sekitar 2 tahun lalu pasien pernah konsultasi dengan keluhan nyeri dada. Saya masih ingat sekali  tanggapan pasien waktu saya sarankan untuk berhenti merokok saat itu–pasien perokok berat, sekitar 2 bungkus setiap hari sejak masih sekolah menengah atas.

“Apa jawabannya?” “Tetangga saya perokok berat,  meninggal pada usia 80 tahun karena patah tulang akibat jatuh di kamar mandi. Orang tua teman saya, usia 75 tahun, juga perokok berat, sampai sekarang masih kelihatan sehat-sehat saja.”

Dan, Istri dia yang jauh lebih muda, 35 tahun, ternyata juga seorang perokok. Waktu saya minta untuk berusaha berhenti merokok dan biar dapat memberi dukungan kepada suaminya, sambil senyum menjawab; “saya sudah mencoba dokter, tetapi saya terpaksa merokok lagi karena tidak berapa lama setelah berhenti merokok, saya jadi gemuk dokter.”

Nah, waktu pasien kontrol kembali, dengan setumpuk obat yang harus dikonsumsinya setiap hari, sambil guyon saya bertanya; “Anda masih merokok sekarang?” Tanpa ragu sedikitpun kemudian dia menjawab; “oh, tidak dokter. Sejak dirawat di ICU kemaren saya tidak pernah merokok lagi, takut juga setelah mengalami sendiri serangan jantung itu dokter, apalagi setelah menjalani operasi. Alhamdulillah istri sayapun sudah berhenti.”

Pasien lain, seorang Ibu, usia 55 tahun, dirawat dengan keluhan sesak nafas, dan penurunan berat badan. Pasien juga punya riwayat merokok sejak berkeluarga. Sang suami juga seorang perokok berat. Tidak tahu mengapa Ibu ini juga ikut merokok, pengaruh suami yang perokok bisa jadi.

Pages: 1 2 3

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.