Thursday, 17 October 2019

Mengapa Belajar Memanah?

Mengapa Belajar Memanah?

Jakarta, Swamedium.com – Memanah adalah sebuah keterampilan membidik sasaran dengan tepat. Sasaran tersebut ada yang bergerak dan ada yang diam. Untuk bisa mencapai sasaran dengan baik, seorang pemanah harus memiliki konsentrasi tinggi dan fokus. Di antara syarat yang dibutuhkan adalah kaki yang kokoh dan lengan yang kuat. Jika kaki dan lengannya tidak kokoh dan kuat, bisa jadi busur yang dipegang akan goyang, dan anak panah yang dilepaskan akan salah sasaran.

Belajar memanah, sesungguhnya bermaksud untuk memberi kesadaran bahwa seseorang mesti tahu dan sadar akan tujuan hidupnya. Agar bisa meraih apa yang dicita-citakannya tersebut, ia harus fokus. Dan supaya bisa fokus, syaratnya ia hendaklah memiliki kekuatan dasar yang akan menopangnya dalam melesatkan anak panah cita-citanya tersebut.

Tahu dan sadar akan tujuan kehidupan akan menjadi kekuatan dasar berupa ilmu pengetahuan dan kepribadian yang kokoh. Dengan kedua hal tersebut, ia tak akan mudah tergoda untuk mencoba hal lain, di luar yang dia tujukan. Sehingga, perhatiannya hanya akan terpusat pada apa yang dia tuju dan menyadari betul bagaimana cara meraihnya.

Keterampilan memanah merupakan analogi untuk kemampuan memusatkan perhatian pada cita-cita dengan topangan ilmu pengetahuan dan kepribadian.(asci)

Foto: asci

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.