Thursday, 17 October 2019

Perbedaan dan Kesamaan antara Kapitalisme dengan Komunisme

Perbedaan dan Kesamaan antara Kapitalisme dengan Komunisme

Oleh M. Arief Pranoto*

Bandung, Swamedium.com – Kapitalisme dan komunisme itu serupa tetapi tak sama. Berbeda rupa tetaplah sama. Bahkan ada asumsi menyatakan, “Komunisme itu adalah kapitalis plat merah.

Ya, serupa pada pola (imperialisme)-nya yaitu mencari bahan baku semurah-murahnya, lalu menciptakan pasar seluas-luasnya. Maka pantaslah, jika kolonialisme merupakan metode baku bagi keduanya.

Tak sama atau perbedaannya hanya pada manajerial. Jika kapitalisme dikendalikan segelintir elit partikelir/swasta, sedang komunisme di-remote oleh sekelompok elit negara. Selanjutnya apabila pola kolonialis ala (Barat) kapitalisme itu lazimnya tentara/negara maju terlebih dahulu membuat kapling-kapling di wilayah target tetapi sesungguhnya ia didukung oleh swasta/donatur, sementara pola kolonialis ala (Timur) justru sebaliknya, yakni swasta maju di depan tetapi dibelakangnya ada back up tentara/negara.

Inilah yang kini terjadi secara sistematis dan masive di Bumi Pertiwi, dimana republik tercinta ini cuma dijadikan (proxy war) lapangan tempur/buffer zone, namun justru mayoritas anak bangsa ini tak menyadari bahkan banyak yang terlibat serta melibatkan diri ke dalam agenda pertempuran yang mereka ciptakan.

Dilempar mainan perseteruan antarmazhab, nurut! Ditebar konflik antaragama, larut! Dikasih hidangan gelut antarormas, dilahab habis! Inilah negeri, dimana cita rasa terlezat adalah konflik komunal.

Inilah potret skema penjajahan gaya baru keduanya (kapitalisme dan komunisme) dengan modus perang nirmiliter (asimetris). Mereka memakai keringat kita, darah kita dan tempat kita, sementara hasilnya justru mereka yang menikmati. Apakah kita sadar?

*Penulis adalah Peneliti Senior The Global Future Institute

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.