Wednesday, 23 October 2019

Aksi Buruh KSPI Berlanjut ke MA

Aksi Buruh KSPI Berlanjut ke MA

Jakarta, Swamedium.com – Setelah pagi hingga siang tadi aksi Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) di kawasan Patung Kuda dan berjalan kaki ke depan istana, saat ini aksi berlanjut ke Gedung Mahkamah Agung, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

Dalam salah satu tuntutan aksi hari ini, KSPI meminta Pemerintah untuk mencabut Peraturan Pemerintah No. 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan. Urgensi dari tuntutan mencabut PP 78/2015, adalah PP tersebut menghilangkan hak berunding serikat buruh sehingga melanggar konstitusi. Selain itu juga dianggap bertentangan dengan Undang-Undang No. 13 Tahun 2003, Konvensi International Labour Organization (ILO) No. 87 tentang kebebasan berserikat, Konvensi ILO No. 89 tentang Hak Berunding, dan Konvensi ILO No. 131 yang mengatur kewajiban melakukan konsultasi dengan buruh untuk menentukan upah minimum.

“Aksi hari ini kami ingin menanyakan sampai dimana progres pengajuan Judicial Review PP 78 tersebut ke MA,” ujar Said Iqbal, Presiden KSPI saat ditanya awak media, Senin (6/2/2017). “MA sudah menjawab dan tadi sudah diterima panitera muda MA, Bapak Ashadi. akan dikabari kembali minggu depan karena sedang ada judicial review juga di Mahkamah Konstitusi untuk UU No. 13 Tahun 2003,” jelas Daeng, Koordinator Aksi KSPI sore ini. (YOG)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.